Jelang Ramadan Disperindag Hulu Sungai Utara Kembali Fasilitasi Operasi Pasar Murah

Rabu, 09 Maret 2022 - 15:21 WIB
loading...
Jelang Ramadan Disperindag Hulu Sungai Utara Kembali Fasilitasi Operasi Pasar Murah
Plt Kepala bidang Perdagangan Muhammad Isnaini di Amuntai, Selasa (8/3/2022).
A A A
AMUNTAI - Sejumlah bahan pokok seperti minyak goreng dan bawang merah masih cukup mahal harganya di pasaran. Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan berupaya menstabilkan kembali harga bahan pokok dengan melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM).

Plt Kepala bidang Perdagangan Muhammad Isnaini di Amuntai, Selasa (8/3/2022), mengatakan, meski harga minyak goreng di tingkat distributor dan agen sudah agak stabil namun tidak halnya di tingkat pengecer. "Kalau ditingkat agen dan distributor harga minyak goreng sudah berkisar Rp14.000 per liter namun di tingkat pengecer masih tinggi karena jumlah stok minyak goreng memang masih terbatas," ujarnya.

Isnaini mengatakan, selain memfasilitasi kegiatan OPM, pihaknya juga akan melakukan pengawasan di tingkat agen dan pedagang besar yang dilaksanakan pada Senin pekan depan.

Ia mengatakan, pelaksanaan OPM tahap II dilaksanakan di empat kecamatan yang belum dilaksanakan pada OPM tahap pertama, yakni Kecamatan Amuntai Selatan pada Senin, (7/3/2022), Haur Gading pada Selasa (8/3/2022), Amuntai Utara pada Rabu (9/3/2022), dan Kelurahan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, pada Kamis (10/3/2022).
Jelang Ramadan Disperindag Hulu Sungai Utara Kembali Fasilitasi Operasi Pasar Murah

Pada setiap pelaksanaan OPM di kecamatan, jumlah minyak goreng merk Alif yang dijual kepada warga sebanyak 800 liter minyak goreng kemasan dua liter kepada 400 kepala keluarga. Selain minyak goreng dijual produk lain oleh pihak Bulog dan Wing Foods yang turut terlibat dalam pelaksanaan OPM. "Pembagian kupon kepada warga kami serahkan kepada pihak kecamatan untuk membagikan kepada warga kurang mampu," kata Isnaini.

Pembagian kupon juga dimaksudkan agar warga tertib berbelanja, tidak belanja berlebihan dan berkerumun mengingat masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Nur Hidayah, warga Kecamatan Haur Gading, di lokasi Pasar Murah, mengatakan bahwa harga minyak goreng di pasar kecamatan masih cukup mahal berkisar Rp20.000 per liter sedangkan harga bawang merah mencapai Rp40.000 per kilogram. "Hanya dua komoditi itu yang masih mahal," katanya.

Ia berharap, pemerintah terus melakukan pengawasan kepada pedagang agar tidak menjual terlalu mahal bahan pokok mengingat Bulan Suci Ramadan sudah semakin dekat. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)