Pulang Kampung, Pemuda Klaten Isolasi Mandiri di Pinggir Kali

Jum'at, 24 April 2020 - 10:56 WIB
loading...
Pulang Kampung, Pemuda Klaten Isolasi Mandiri di Pinggir Kali
Seorang perantau asal Kabupaten Klaten memilih melakukan isolasi mandiri di pinggir kali lantaran berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona. FOTO/CAPTURE/INSTAGRAM @ganjar_pranowo
A A A
KLATEN - Seorang perantau asal Kabupaten Klaten memilih melakukan isolasi mandiri di pinggir kali lantaran berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona. Dia pulang lebih awal dari bekerja di Pekanbaru, Riau lantaran takut tidak ada transportasi menjelang Lebaran nanti.

Hal ini diketahui dari video yang diunggah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di akun Instagramnya, Jumat (24/4/2020). "Ini di Klaten. Mengisolasi diri sekalian bersih2 area pinggir sungai. Top ya?," tulis Ganjar dalam caption video yang diunggah.

Dalam video itu tidak disebutkan secara pasti siapa pemuda itu dan lokasi persisnya kejadian ini. Namun pemuda itu disebutkan tidak langsung pulang ke rumah karena takut membawa virus corona. Karena itu, dia berinisiatif membuat kemah di pinggir sungai. Dia akan berada di tempat itu selama 14 hari sampai dinyatakan sehat, baru pulang ke rumah.

"Berdasarkan itu (status ODP), berarti kan tetangga pada takut. Daripada tetangga suudzon sama saya, saya telepon adik minta carikan APD dan kemah, taruh di pinggir sungai," kata pemuda

Mengapa memilih di pinggir sungai? Pemuda itu mengaku lebih nyaman dan mengingatkannya pada waktu kecil dulu. Di tempat itu juga dia bisa beraktivitas mencuci baju, membersihkan sungai dari sampah, dan lain-lain.

"Amat sangat bisa, bahkan untuk tadabbur, tazkiroh, berzikir menikmati (isolasi di pinggir sungai)," katanya.

Unggahan video ini mendapat respons tinggi dari masyarakat luas. Setidaknya hingga pukul 10.45 WIB, video ini telah ditonton oleh 331.000 orang dan mendapatkan 1.145 komentar. Rata-rata, netizen memberikan apresiasi isolasi mandiri yang dilakukan pemuda itu.

"smg jd ladang ibadah mu ya mas, sllu n tambah sehat n bermanfaat unt orang lain n lingkungan, jd contoh bt yg lainya....semangat," tulis akun @ningsihbudiyanto5677.

Akun @ramadhanwibi mengaitkan isolasi mandiri itu dengan salah satu program petualangan di televisi swasta. "My karantina my adventure," tulisnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4304 seconds (0.1#10.140)