Jadikan ABG Budak Seks, Menteri PPPA Sebut Tindakan AKBP M Sangat Keji

Sabtu, 05 Maret 2022 - 11:07 WIB
loading...
Jadikan ABG Budak Seks, Menteri PPPA Sebut Tindakan AKBP M Sangat Keji
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Foto: Dok Kementerian PPPA
A A A
MAKASSAR - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta agar kasus pemerkosaan anak di bawah umur yang dilakukan oknum perwira polisi diproses secara adil. Dia mendorong agar aparat hukum memproses kasus tersebut dengan UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

Dia mengecam keras terjadinya kasus yang pelakunya diduga oknum perwira kepolisian tersebut. Seperti diketahui IS (13) diperkosa dan disinyalir menjadi budak seks oleh oknum perwira polisi AKBP M yang bertugas di Ditpolairud Polda Sulsel.



" Kekerasan yang dilakukan oleh terduga pelaku seorang aparat penegak hukum dengan sangat keji. Korban masih anak-anak dan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga. Kami mendorong aparat penegak hukum untuk menerapkan hukum yang seadil-adilnya dalam penanganan kasus ini," kata Menteri Bintang , dalam siaran persnya.

Korban diketahui bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah pelaku sejak pertengahan September 2021 agar bisa mendapat penghasilan. Namun, sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022, korban diduga disetubuhi oleh pelaku beberapa kali.

Menteri Bintang pun meminta Kapolri melalui Kapolda Sulsel untuk mendalami kasus ini. Menurutnya jika terbukti memenuhi unsur pidana kekerasan seksual pada anak dan mempekerjakan anak di bawah umur dapat diproses sesuai dengan aturan disiplin dan kode etik yang berlaku.

Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA Nahar mengatakan perbuatan pelaku jika terbukti dapat dituntut sesuai dengan ketentuan Pasal 81 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak terkait adanya pemaksaan persetubuhan pada anak.



"Begitu juga pelaku dapat diberikan pemberatan sesuai dengan Pasal 81 Ayat (3) karena pelaku merupakan aparat yang seharusnya melindungi anak," kata Nahar.

Kasus ini telah ditangani oleh Propam Polda Sulsel. Korban telah membuat laporan polisi di Polda Sulawesi Selatan didampingi kuasa hukum korban.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)