Gempa Bumi Bermagnitudo 5,6 Guncang Maluku Utara

Senin, 15 Juni 2020 - 13:29 WIB
loading...
Gempa Bumi Bermagnitudo 5,6 Guncang Maluku Utara
Wilayah Maluku Utara, kembali diguncang gempa bermagnitudo 5,6. Foto/Ist.
A A A
MALUKU UTARA - Wilayah Maluku Utara diguncang gempa tektonik , Senin (15/6/2020) pukul 12.15.44 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Magnitudo (M)5,6.

(Baca juga: Cristiano Ronaldo Adalah Roh Baru Juventus )

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,43 LU dan 128,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 22 km arah Tenggara Halmahera Utara, Maluku Utara pada kedalaman 109 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi pada Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

(Baca juga: Mal Dibuka, Ini Panduan Belanja Aman dan Sehat Selama Pandemi )

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Tobelo III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Dijelaskan hingga hari Senin (15/6/2020) pukul 12.40 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

(Baca juga: Pesawat Militer yang Jatuh di Riau Jenis BAE Hawk 209 )

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa , ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbaunya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)