Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati

Senin, 28 Februari 2022 - 10:53 WIB
loading...
A A A
Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati


2. Gua Pawon, Bandung Barat

Gua Pawon terletak di kawasan Karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat yang terkenal dengan bebatuan purbanya. Gua ini merupakan salah satu bukti otentik eksistensi Danau Bandung Purba.

Undakan tangga batu dan suara cicitan kelelawar akan menyambut traveler begitu menapaki tangga menuju bibir gua. Pilar batu paduan stalakmit dan stalagmit sepanjang belasan meter seolah menjadi penyangga atap gua yang ditembus sinar mentari.

Tak bisa terbayangkan, berapa lama proses tersebut terjadi, sebab pertambahan stalakmit hanya 0,2 mm per tahun. Di gua ini juga, traveler bisa melihat jejak-jejak kehidupan manusia purba.

Beberapa waktu lalu, arkeolog dari Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan eskavasi di Gua Pawon. Di sini, ilmuwan menemukan kerangka, gigi, tembikar, hingga mata tombak yang digunakan manusia purba untuk berburu.

Gua di antara pegunungan kapur ini juga lekat dengan hikayat Sangkuriang. Konon, Dayang Sumbi yang merupakan Ibunda dari Sangkuriang dikisahkan pernah tinggal di dalam Gua Pawon sebelum bertemu kembali dengan Sangkuriang di sekitar Gunung Tangkuban Parahu saat ini.

Gua Pawon beralamat di Kampung Cibukur, Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Traveler cukup merogoh kocerk Rp5.000-Rp10.000 untuk bisa menjelajahi gua purba ini.

Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati


3. Gua Parat, Pangandaran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)