Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati

Senin, 28 Februari 2022 - 10:53 WIB
loading...
Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati
Eksotisme Gua Kenit menjadi salah satu destinasi favorit di Jabar traveler sejati di Jawa Barat.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan . Berbagai macam destinasi wisata tersedia di Jabar, termasuk wisata alam yang cukup menantang, seperti gua.

Jabar sendiri memiliki banyak gua yang menyajikan pemandangan eksotis sekaligus pengalaman tak terlupakan bagi para traveler sejati. Di antara banyaknya destinasi wisata gua, terdapat 4 gua paling kece di provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya ini.

Eksotisme 4 Gua Paling Kece di Jawa Barat Ini Cocok untuk Traveler Sejati


1. Wisata Goa Sunyaragi, Cirebon

Taman Air Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Cirebon. Gua ini merupakan salah satu peninggalan dari sejarah panjang kesultanan di Cirebon.

Hal itu sesuai dengan namanya, yakni berasal dari kata Sunya yang bermakna sunyi, sedangkan Ragi bermakna jiwa. Kendati begitu, objek wisata ini tetap boleh dikunjungi oleh umum.

Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jabar, luas Taman Air Goa Sunyaragi sekitar 15.000 meter persegi. Pemandangan di Taman Goa Sunyaragi sangat memanjakan wisatawan, terlebih bentuk goa ini mirip candi yang sangat unik.

Di dalam kompleks Goa Sunyaragi, terdapat beberapa gua, seperti Gua Peteng, Gua Simanyang, Gua Padang Ati, Gua Pawon, dan Gua Argajumut yang masing-masing memiliki makna tersendiri dan gua-gua tersebut dihubungkan oleh rongga yang besar.

Bangunan Taman Air Goa Sunyaragi sendiri didominasi dengan motif wedasan dan megamendung. Bentuknya menyerupai batu karang. Dua motif ini sering kita lihat dalam batik khas Cirebon.

Letak Goa Sunyaragi berada di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi atau dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cirebon. Untuk bisa masuk ke araea wisata ini, traveler cukup merogoh kocek Rp10.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)