Puting beliung, bangunan di 4 kecamatan rusak

Selasa, 18 Desember 2012 - 20:25 WIB
Puting beliung, bangunan di 4 kecamatan rusak
Puting beliung, bangunan di 4 kecamatan rusak
A A A
Sindonews.com - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Senin malam kemarin memporak porandakan sejumlah bangunan di empat kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sebuah rumah di Desa Tunggul Wulung Kecamatan Pandaan bahkan rata dengan tanah, sementara sembilan rumah lainnya hanya mengalami kerusakan sedang dan ringan.

Hujan dan angin puting beliung juga mengakibatkan jaringan listrik terputus. Selain itu, sejumlah pohon-pohon juga bertumbangan. Bencana angin puting beliung ini terjadi di Kecamatan Pandaan, Sukorejo, Prigen dan Kraton. Kerusakan paling parah terjadi di Desa Tunggul Wulung, Kecamatan Pandaan.

Rumah milik Kusnan (70), warga Desa Tunggul Wulung, rata dengan tanah. Beruntung saat kejadian, pemilik rumah sedang berada dirumah kerabatnya. Sehingga reruntuhan bangunan ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Bapak empat anak yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani saat ini terpaksa harus mengungsi kerumah tetangganya.

"Saya sudah tidak memiliki apa-apa lagi. Sekarang terpaksa mengungsi dan menumpang dirumah tetangga," ujar Kusnan, di lokasi, Selasa (18/12/2012).

Sementara itu Kepala Desa Tunggul Wulung Hartono mengungkapkan, akibat terjangan angin puting beliung ini juga merusakkan sembilan rumah warga lainnya. Dua diantaranya mengalami kerusakan sedang, tujuh rumah lainnya hanya rusak ringan.

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan hingga kini masih melakukan inventarisasi kerusakan yang terjadi akibat terjangan angin puting beliung. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko menyatakan, beberapa saat usai terjadi bencana, pihaknya telah melakukan pembersihan bersama warga.

"Kami masih melakukan identifikasi kerusakan rumah milik warga. Bersama warga, rumah yang rusak ringan segera dilakukan perbaikan," kata Yudha Triwidya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)