Bersifat Merusak, Ini Catatan Sejarah Gempa Bumi di Wilayah Sumatera Barat

Sabtu, 26 Februari 2022 - 18:47 WIB
loading...
Bersifat Merusak, Ini Catatan Sejarah Gempa Bumi di Wilayah Sumatera Barat
Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang berpusat di Pasaman Barat, Sumatera Barat, memicu kerusakan bangunan. Foto/Ist.
A A A
PASAMAN BARAT - Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang berpusat di daratan wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, memiliki dampak kerusakan sangat berat. Bahkan, gempa ini juga memicu terjadinya longsor.



Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.



" Gempa kerak dangkal ini akibat aktivitas sesar aktif, yaitu Sesar Besar Sumatera, tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujarnya.



Berdasarkan catatan Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, sejarah gempa bumi merusak terjadi di wilayah Sumatera Barat. Yakni,

1. 26 Agustus 1835, Lokasi gempa berada di Padang. Dampaknya berupa kerusakan ringan dan retakan pada bangunan di Padang.

2. 5 Juli 1904, Lokasi gempa di Siri Sori, Sumatera Barat. Akibat gempa ini terjadi tsunami di Pantai Siri Sori.

3. 28 Juni 1926, Lokasi gempa berpusat di Padang Panjang. Gempa menimbulkan bencana di sekitar Danau Singkarak, Sijunjung, Muarabungo, dan Alahan Panjang. Di salah satu bagian Danau Singkarak ambles, beberapa orang luka-luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2991 seconds (0.1#10.140)