Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim

Jum'at, 25 Februari 2022 - 20:46 WIB
loading...
Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim
Ketua PDPM Sidoarjo Adit Hananta Utama. Foto: Lukman/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dilaporkan ke polisi. Dia dilaporkan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sidoarjo ke Polda Jatim atas dugaan berita hoax.

Hal ini menyusul ungkapan Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo, terkait adanya bunker di salah satu masjid Sedati, Sidoarjo. Menurut PDPM, apa yang disampaikan Gus Muhdlor menyesatkan.

Ketua PDPM Sidoarjo Adit Hananta Utama mengatakan, laporan ini disampaikan sebagai komitmen Pemuda Muhammadiyah untuk menegakkan kebenaran. Sebab, apa yang disampaikan Gus Muhdlor dinilai menyesatkan.



"Apa yang disampaikan Gus Mudlor kita tindak lanjuti sebagai penyesatan pembohongan publik. Ini sudah menyebarkan informasi hoax yang harus kita sikapi dengan mengambil langkah hukum," katanya, Jumat (25/2/2022).

PDPM Sidoarjo melaporkan Gus Muhdlor dengan dugaan tindak pidana menyiarkan kabar atau pemberitahuan bohong yang diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana Pasal 14 ayat 1 - 2 dan Pasal 15.

Menurutnya, narasi yang dibangun Bupati Sidoarjo tentang adanya bunker senjata di salah satu masjid di wilayah Kecamatan Sedati itu adalah satu penyesatan informasi.



"Bahasa itu adalah suatu kebohongan yang luar biasa, karena setelah ditelusuri di masjid-masjid maupun setelah diklarifikasi di Bakesbangpol Sidoarjo dan kajian dari data itu tidak benar adanya," ungkapnya.

Dia menambahkan, hal yang sudah sangat menyakitkan, adalah pernyataan Gus Mudlor terkait berkembangnya radikalisme. Itu ada di dua tempat, yakni di masjid dan kampus.

"Pernyataan itu ada di dalam video yang disampaikan Gus Mudlor ini sungguh menjadi tuduhan yang luar biasa bagi kami umat Islam, karena masjid adalah simbol umat Islam tempat kita beribadah," pungkasnya.

Di saat yang sama, massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sidoarjo, menggelar aksi di depan Mapolda Jatim. Dalam aksinya, mereka ini meminta Bupati Sidoarjo Mudlor, mempertanggungjawabkan ucapannya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)