Gubernur Sumbar Instruksikan OPD Siapkan Bantuan Gempa Pasaman Barat

Jum'at, 25 Februari 2022 - 16:40 WIB
loading...
Gubernur Sumbar Instruksikan OPD Siapkan Bantuan Gempa Pasaman Barat
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. MPI/Rus Akbar
A A A
PADANG - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menginstruksikan OPD terkait segera melakukan pendataan, koordinasi serta pengiriman bantuan dan logistik ke lokasi gempa M6,1 di Pasaman Barat. Setidaknya ada beberapa daerah yang terdampak parah akibat gempa yakni di Malampah, Kajai dan Talu.

"Saat ini kita masih terus mengumpulkan data-data. Ada pelayanan kesehatan, sarana ibadah dan sekolah serta banyak rumah penduduk yang rusak. Sambungan komunikasi dan listrik terputus,” ujar Mahyeldi di Kompleks Gubernuran Sumbar, Jalan Jendral Sudirman Padang, Jumat (25/2/2022)

Dikatakan, BPBD, Dinas Sosial bersama TNI Polri di daerah segera menuju ke lokasi. Yang penting sekarang penyelamatan masyarakat ke tempat yang lebih aman dan kondusif sehingga jika ada gempa susulan bisa meminimalisir korban. Baca: Ibu Hamil dan Anak Balitanya Tewas Tertimpa Reruntuhan Gempa di Pasaman Barat.

“Maka yang pertama diingatkan masyarakat agar bisa mencari daerah teraman terlebih dahulu. Selanjutnya dirikan tenda dan dapur umum, dan menenangkan warga supaya tidak panik," kata Mahyeldi. Baca Juga: Usai Diguncang Gempa M6,2, Semburan Lumpur Panas Muncrat di Permukiman Warga.

Gubernur juga berkoordinasi dengan BNPB, Bupati Pasaman dan Pasaman Barat dan siang tadi gubernur bertolak ke lokasi gempa di Pasaman.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)