Wabah diare landa Polewali

Senin, 10 Desember 2012 - 12:48 WIB
Wabah diare landa Polewali
Wabah diare landa Polewali
A A A
Sindonews.com - Wabah diare tengah melanda sejumlah daerah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Tak pelak, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat pun terlihat dipenuhi pasien. Sebagian besar pasien dari kalangan anak-anak.

Dari pantauan di lokasi, tak kurang dari 50 penderita diare saat ini masih menjalani perawatan intensif di ruang Gawat Darurat RSUD Polewali Mandar itu. Mereka kebanyakan anak-anak balita, mulai dari usia dua tahun hingga lima tahun.

Banyaknya pasien diare ini membuat pihak rumah sakit kewalahan. Bahkan tiga bangsal khusus anak yang ada di rumah sakit itu, seluruhnya dipenuhi penderita diare. Pasien yang tak tertampung di bangsal yang kondisinya kritis terpaksa menjalani perawatan di ruang ICU.

Kepala Ruangan UGD RSU Polewali Mandar Edi Siswanto mengatakan, pasien penderita diare paling banyak berasal dari dua kecamatan Wonomulyo dan Campalagian. Saat ini pihak rumah sakit sedang memeriksa penyebab diare itu.

"Belum diketahui pasti pemicu meningkatnya wabah diare dalam dua pekan terakhir ini. Dugaannya dipicu faktor cuaca, dalam sebulan terakhir curah hujan meningkat," ujarnya di RSUD Polewali, Mandar, Senin (10/12/2012).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5289 seconds (0.1#10.140)