Julong Group Resmikan Pabrik Pengolahan Inti Sawit di Kubu Raya

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:47 WIB
loading...
Julong Group Resmikan Pabrik Pengolahan Inti Sawit di Kubu Raya
Perusahaan perkebunan sawit di bawah naungan Julong Group Indonesia, PT Rezeki Kencana meresmikan pabrik Kernel Crush Plant (KCP) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Ist)
A A A
KUBU RAYA - Perusahaan perkebunan sawit di bawah naungan Julong Group Indonesia, PT Rezeki Kencana meresmikan pabrik Kernel Crush Plant (KCP) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (19/2/2022) pekan lalu. Pabrik pengolahan inti sawit ini memiliki kapasitas 100 ton per hari.

Pendirian pabrik ini ditujukan untuk menambah nilai luaran (output) kelapa sawit. Selain mendapatkan nilai ekonomi yang lebih, juga dapat menerapkan prinsip zero waste atau nirlimbah yang berasal dari perkebunan serta pabrik pengolahan. Pabrik KCP mampu mengolah inti sawit yang masih mengandung sebesar 49%. Sehingga kepemilikan pabrik KCP pada suatu perkebunan sawit merupakan sebuah pencapaian sisi industri yang penting.

Peresmian pabrik KCP ini dihadiri Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, perwakilan pihak kepolisian, TNI, Muspika Kecamatan Teluk Pakedai, serta Kepala Desa Sungai Deras.

Bupati berharap pabrik KCP ini memberikan nilai tambah, selain untuk perusahaan juga masyarakat sekitar kebun.

"Perusahaan diharapkan dapat berkolaborasi dengan masyarakat sekitar, selain juga dapat lebih banyak lagi memberikan pelatihan maupun penyuluhan di bidang pertanian," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/2/2022).

Kepala SSL PT Rezeki Kencana, Peron Sembiring mengatakan, kehadiran pabrik baru ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. "Akan ada pelibatan masyarakat sekitar sebagai bagian dari penambahan kebutuhan pekerja untuk operasionalisasi pabrik KCP tersebut," ujarnya.

Kepala Desa Sungai Deras, Syahru Syiam mengaku pihaknya akan berkolaborasi dengan para pihak untuk membangun serta menyejahterakan masyarakat sekitar. "Hal tersebut juga senada dengan PT Rezeki Kencana dan Julong Group Indonesia untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan," kata Syahru Syiam. Baca: Banjir Bandang Terjang Garut, Puluhan Rumah dan Jembatan Gantung Rusak.

Dengan adanya pabrik KCP ini, maka rantai pasok produksi kelapa sawit di PT Rezeki Kencana dapat lebih berkelanjutan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)