Kades Ajak Warga Cegah COVID-19 dan Antisipasi Demam Berdarah

Minggu, 14 Juni 2020 - 20:51 WIB
loading...
Kades Ajak Warga Cegah COVID-19 dan Antisipasi Demam Berdarah
Kerja Bakti Kades Desa Beti. Foto/SINDOnews/NovanWijaya
A A A
OGAN ILIR - Untuk mengajak masyarakat terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat atau (PHBS), Kepala Desa Beti, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, menggelar kegiatan bakti sosial dengan berbagai langkah seperti membersihkan sampah di lingkungan serta melakukan penyemprotan disinfektan dan foging ke rumah-rumah warga.

Minggu pagi (14/06/20) puluhan warga Desa Beti Indralaya Selatan Ogan Ilir sudah antusias berkumpul di halaman kantor desa. Dikomandoi langsung oleh Kades mereka menyiapkan peralatan untuk menggelar bakti sosial. Selain dari upaya pencegahan virus Corona giat foging juga dilakukan guna mengantisipasi penyakit demam berdarah yang rentan terjadi saat musim hujan sekarang ini.

Kepala Desa Beti, Angga Arafat, mengatakan kegiatan sosial ini digalakkan sebagai langkah untuk mengajak masyarakat membiasakan dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. ( Baca: Ketahuan Beli Rokok Pakai Uang Palsu, Dua Pengedar Upal Dibekuk )

“Sejumlah saluran got kita bersihkan dari sampah yang mengendak yang dikawatirkan dapat menyumbat air dan menyebabkan banjir. Penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus Corona pun dilakukan. Kita sebar juga warga berkeliling dari rumah ke rumah untuk memfoging dan membasmi nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah,” jelas Kades.

Masih kata Kades, kegiatan juga mengikutsertakan para ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Desa bersama bidan desa berkeliling rumah warga sembari membagikan bubuk abate pembunuh jentik nyamuk.

“Kita juga libatkan Tim PKK dan para bidan Desa untuk melakukan iimbauan dan sosialisasi dalam rangka membiasakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, sembari membagikan dan menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air dirumah-rumah warga sekitar,” ujar Kades.

Kegiatan tersebut dikatan kades dilakukan rutin dalam tiga bulan sekali sebagaimana visi misi ia saat mencalonkan diri menjadi kades dengan memprioritaskan untuk memotivasi kehidupan masyarakat yang bersih,karena sehatnya individu masyarakat adalah wujud sehatnya Indonesia.
(ihs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1628 seconds (10.101#12.26)