Nasdem Yogyakarta lolos verifikasi faktual

Selasa, 27 November 2012 - 21:31 WIB
Nasdem Yogyakarta lolos verifikasi faktual
Nasdem Yogyakarta lolos verifikasi faktual
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta menyatakan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Yogyakarta lolos verifikasi faktual. Partai NasDem lolos setelah memenuhi empat persyaratan, yakni susunan kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan keanggotaan.

“Selain Nasdem partai lain yang lolos verifikasi adalah partai Golkar dan PDIP, sehingga dari 16 partai politik (Parpol), masih ada 13 parpol yang belum lolos verifikasi faktual,” ungkap ketua KPU Yogyakarta Nasrullah di kantornya, Selasa (27/11/2012).

Nasrullah mengatakan parpol yang belum lolos verifikasi tersebut rata-rata karena tidak memenuhi syarat minimal keanggotaan. Untuk itu, parpol yang masih belum memenuhi syarat keanggotaan, diharuskan untuk menyerahkan kartu tanda anggota minimal 410 orang.

Sedangkan yang belum menenuhi keterwakilan perempuan bisa menyerahkan surat keterangan dari partai.

“Sedangkan untuk kepengurusan dan domisili kantor partai harus permanen dan tetap. Sehingga proses verifikasi tidak ada perubahan lagi,” paparnya.

Nasrullah menjelaskan bagi parpol yang belum lolos verifikasi faktual wajib melakukan perbaikan. KPU Yogyakarta memberi tenggat selama sepekan untuk perbaiki persyaratan.

“Setelah parpol menyerahkan persyarakat kelengkapan, kami akan melakukan verifikasi faktual lagi, yakni mulai 4 Desember,” jelasnya.

Hasil verifikasi faktual KPU Yogyakarta sendiri berbeda dengan hasil KPU DIY. Terutama hasilnya. Sebab untuk KPU DIY 16 parpol itu dinyatakan lolos semua.

Ini lantaran persyaratan untuk verifikasi faktual berbeda. Karena di tingkat propinsi, hanya difokuskan pada tiga syarat yaitu, kepengurusan, domisili kantor partai, dan keterwakilan perempuan dalam kepengurusan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0971 seconds (0.1#10.140)