PSM Makassar vs Persita Tangerang: Misi Hindari Jurang Degradasi

Sabtu, 19 Februari 2022 - 07:41 WIB
loading...
PSM Makassar vs Persita Tangerang: Misi Hindari Jurang Degradasi
PSM Makassar diagendakan melawan Persita Tangerang dalam lanjutan pekan 26 Liga 1 di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali pada Sabtu, 19 Februari 2022. Foto: Dok SINDOnews
A A A
MAKASSAR - PSM Makassar mesti menang di laga malam ini. Menghadapi Persita Tangerang dalam lanjutan pekan 26 Liga 1 di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Tambahan tiga poin tentu membuat posisi PSM Makassar menjadi lebih baik. Namun jika kalah lagi, peringkat Juku Eja kian terbenam. Mereka terancam masuk dalam zona degradasi.

Pelatih PSM Makassar , Joop Gall, mengatakan timnya sedang berusaha bangkit dari keterpurukan. Dia paham suporter juga menuntut kemenangan. Namun pihaknya turut tetap berupaya bisa meraih hasil yang maksimal.

"Setiap suporter pasti mempunyai harapan yang sama, keinginan menang terhadap timnya. Dan kami juga sama ingin menang, makanya kami sedang bekerja keras untuk itu," kata Gall dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Jumat (19/2) kemarin.



Dia tak menampik, masih banyak kekurangan di timnya saat ini. Namun ia berupaya untuk terus memperbaikinya di setiap pertandingan.

"Kita kurang dominan dalam menguasai bola dan saat kita memegang bola, kita lakukan kesalahan. Kita akan terus mencoba lebih baik lagi, dengan waktu yang singkat ini dengan menggunakan pengalaman saya," ujarnya.

Gall curhat tak punya banyak waktu untuk menyusun strategi sejak ia direkrut. Ia bahkan mengaku tak punya waktu untuk membuat taktik yang diinginkannya. Selain itu, ia juga menyayangkan tak bisa memaksimalkan semua pemain asingnya.

"Saat saya tiba, kita langsung fokus ke pertandingan. Dan saya tidak punya pengaruh manapun dalam tim dan tidak punya waktu ke mereka untuk pendekatan taktik yang biasa pelatih gunakan. Kita butuh waktu, tapi dalam 4 minggu, kita malah banyak jadwal pertandingan," bebernya.

Menghadapi Persita Tangerang , Abdul Rachman dan Hasim Kipuw kembali tidak bisa dimainkan. Keduanya dihukum oleh Komdis PSSI. Namun menurut Gall, pemain yang absen masih bisa bertambah sesuai hasil PCR.

"Kita bisa saja diberikan kejutan atas hasil PCR seperti laga sebelumnya kita dapatkan 10 kasus baru dalam tim. Jadi tidak bisa membuat rencana bagus ke depan karena kejutan itu," terangnya.

Duel malam ini nampaknya akan menjadi laga perdana bagi Golgol Mebrahtu sebagai starter. Apalagi di laga sebelumnya kontra Persikabo 1973, ia sudah dimainkan sebagai pengganti.

Golgol mengakui banyak melewatkan banyak laga sejak ia direkrut karena alasan cedera. Penyerang berpaspor Australia ini juga tak menginginkan kondisi tersebut.

"Makanya saya bekerja keras di masa pemulihan saya, agar bisa segera fit. Dan tentu seperti yang kita ketahui kondisi sekarang tidak stabil. Karena Covid-19 ada di mana-mana," ucapnya.

Striker berusia 31 tahun ini juga memahami kondisi PSM Makassar saat ini. Dimana Juku Eja sangat kesulitan mencetak gol di setiap pertandingan. Bisa menciptakan peluang, tapi sulit menjebol gawang lawan.

"Tapi apapun itu saya siap membantu tim dan mudah-mudahan bisa cetak banyak gol. Saya siap bekerja keras memberikan assist menjadi gol dan juga mencetak gol sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Persita Tangerang juga mengincar kemenangan. Tambahan tiga poin akan bisa memperbaiki posisi Pendekar Cisadane di klasemen sementara.

Misi balas dendam juga turut diusung Persita Tangerang pada laga malam ini. Sebab pada pertemuan pertama, mereka kalah telak dari PSM Makassar dengan skor 0-3.

Pelatih Persita Tangerang , Widodo Cahyono Putro mengaku sudah mempersiapkan timnya sebaik mungkin untuk bisa membalas kekalahan di putaran pertama. Mulai dari kesiapan fisik, taktikal hingga mental anak asuhnya.

Tapi memang tiap pertandingan tidak mudah ya untuk melaksanakan itu dan untuk bisa memenangkan pertandingan. Tapi kami akan berusaha terus semampu kami untuk bisa memenangkan pertandingan di setiap pertandingan,” ucapnya.

Widodo pun tak menampik jika permasalahan finishing jadi salah satu pekerjaan rumah terbesar Persita Tangerang sejak beberapa pertandingan terakhir. Timnya kerap mendapatkan peluang mencetak gol, namun finishing selalu kurang sempurna.

"Tentunya simpel aja. Kalau permasalahan finishing pasti dilatih. Latihan finishing. Tapi ada yang lebih penting daripada itu. Bukan siapa yang mencetak gol, tapi bagaimana caranya tim ini bisa memenangkan pertandingan," ungkapnya.

"Saya berharap semua pemain bekerja dengan tupoksinya masing-masing. Memang kalau ada kesempatan (mencetak gol) silahkan, tapi kalau tidak ada kesempatan, pemain lain yang memang 100 persen untuk mencetak gol, mereka berhak untuk mendapatkan itu,” sambungnya.

Meskipun di beberapa pertandingan terakhir PSM Makassar sulit meraih kemenangan dari lawan-lawannya, tapi hal ini tidak dijadikan sebagai keuntungan berarti bagi Persita Tangerang . Apapun kondisinya, tentu setiap tim punya taktik dan strategi sendiri di tiap pertandingan.

"Tentunya tidak ada yang menjadi keuntungan buat kita. Mereka juga pasti akan memperbaiki hal itu. Tapi kita tetap fokus, fokus dulu koordinasikan ke tim kita sendiri. Dan tentu menyusul ke taktikal, bagaimana mengantisipasi mereka. Tentunya beberapa pemain yang masuk di dalam sepertiga pertahanan kita, itu yang perlu ekstra waspada, siapapun itu," terangnya.

Widodo juga tak bisa memastikan siapa saja pemainnya yang bisa diturunkan. Sebab pihaknya masih menunggu hasil tes PCR. Termasuk 6 pemain yang pekan lalu harus absen, karena terkonfirmasi terpapar Covid-19.

"Tentunya pemain yang positif kemarin kan menunggu hasil tes ya, hasil tes sekarang PCR. Kalaupun memang dia negatif, tapi ini kan masa pemulihan. Belum tentu kita melihat perkembangan untuk diturunkan. Jadi saya harapkan bersabar lah. Karena kesehatan jauh lebih penting," paparnya.



Pemain Persita Tangerang , Ahmad Nur Hardianto menuturkan, ia dan rekan-rekannya sudah siap menghadapi PSM Makassar . Kekalahan 0-2 dari Arema FC di laga sebelumnya, sudah dilupakan.

"Tentunya kita dari pemain sudah melupakan laga kemarin dan kita pemain sudah siap bekerja keras buat pertandingan besok melawan PSM Makassar, ” sebutnya.

Sebagai striker, memang Nur sudah lama tidak mencetak gol untuk Persita Tangerang . Terakhir, ia mencetak gol melawan mantan klubnya, Bhayangkara FC pada November 2021 lalu. Total sudah 4 gol yang dicetak Nur selama kompetisi musim ini.

"Gak ada hambatan ya. Mungkin belum beruntung aja. Dan semoga saya sendiri bertekad besok sebisa mungkin saya ingin mencetak gol. Tidak ada (tekanan) ya. Kita, saya sebagai striker tidak harus saya siapa yang berpeluang mencetak gol, yang penting tim ini bisa menang. Tujuan utamanya itu," tutupnya.

Saat ini PSM Makassar terbenam di posisi 12 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 28 poin. Sedangkan peringkat Persita Tangerang sedikit lebih baik dan duduk di posisi 10 dengan koleksi 30 poin.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2816 seconds (0.1#10.140)