Cegah Degradasi Etika Penyelenggara Negara, Pancasila Harus Jadi Basis Pendidikan

Selasa, 03 September 2024 - 08:21 WIB
loading...
Cegah Degradasi Etika...
Universitas Negeri Malang, Jawa Timur menggelar diskusi bertajuk Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara: Etika Sosial dan Pendidikan. Foto/Ist
A A A
MALANG - Institusi pendidikan ditengarai menyumbang terjadinya degradasi etika penyelenggara negara. Lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi agen perubahan moral, justru sering gagal dalam menjalankan perannya.

Hal itu ditegaskan pakar sosiologi politik Masdar Hilmy saat FGD bertajuk Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara: Etika Sosial dan Pendidikan yang digelar di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.



“Lembaga pendidikan kita sedemikian rupa berada di bawah struktur politik yang menggerogoti kualitas,” katanya, dikutip Selasa (3/9/2024).

Persoalan etika itu semakin diperparah dengan pengajaran akhlak di lembaga pendidikan yang cenderung verbal dan normatif melalui metode menghapal, namun tidak terlihat dalam praktiknya.

“Dibutuhkan etika sosial yang aplikatif tetapi rasional dan praktis,” ujarnya.

Masdar menyerukan perlunya reformasi mendalam terhadap struktur pendidikan dan regulasi etika sosial untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Masdar juga menekankan etika harus menjadi bagian integral dari praktik pendidikan sehari-hari.



Pakar Pendidikan Taman Siswa, Ki Darmaningtyas menyebutkan, Pendidikan saat ini bukan lagi sebagai proses pencerdasan bangsa, tetapi sekadar pemenuhan kewajiban konstitusional. Persoalan pendidikan pun semakin diperparah dengan biaya pendidikan makin mahal, tetapi tidak berkualitas.

“Komersialisasi pendidikan makin vulgar, terutama di pendidikan tinggi. Proses kapitalisasi, privatisasi, liberalisasi yang makin massif dan parahnya hal ini didukung regulasi,” tukasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)