Andi Utta Sebut Kecamatan Kindang Jantung Pertanian Bulukumba

Kamis, 17 Februari 2022 - 12:39 WIB
loading...
Andi Utta Sebut Kecamatan Kindang Jantung Pertanian Bulukumba
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf alias Andi Utta menyebut Kecamatan Kindang merupakan jantung sektor pertanian bagi Bulukumba. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyebut Kecamatan Kindang merupakan jantung bagi pertanian di Kabupaten Bulukumba. Sehingga masa depan Bulukumba bergantung pada Kecamatan Kindang.

Andi Utta -sapaan akrabnya, menyampaikan pihaknya telah memetakan potensi yang dimiliki setiap kecamatan. Kindang memiliki potensi alam sehingga Kindang menjadi menyangga 70 persen petani di Bulukumba.



"Masa depan Bulukumba ada di Kindang. Kenapa Kindang? 70 persen dari masyarakat Bulukumba hidupnya di sektor pertanian , dan untuk menopang sektor pertanian ini kuncinya ada di Kecamatan Kindang," ujar dia.

Kecamatan Kindang, sebut Andi Utta , memiliki Puncak Donggia Desa Kahayya. Di kawasan inilah menurutnya potensial membangun bendungan besar dengan jutaan kubik air untuk menopang kehidupan masyarakat Kabupaten Bulukumba.

"Selain mendukung pengairan irigasi, bendungan yang direncanakan tersebut juga menunjang pasokan air bersih, pembangkit listrik dan sektor pariwisata," ungkapnya.

Pembangunan bendungan, ia bilang adalah program paling strategis untuk masa depan Bulukumba. Di mana bendungan tersebut akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bulukumba dan sumber-sumber pendapatan daerah dari berbagai sektor juga semakin meningkat.

"Apalagi nantinya ditunjang dengan program bibit unggul untuk memberikan nilai tambah hasil pertanian . Tidak seperti saat ini, pendapatan asli daerah hanya berkisar Rp150 miliar," tuturnya.



Kepala Desa Kahayya, Abd Rahman, menyampaikan jika bendungan terbangun maka dampak langsungnya tidak hanya kepada warga desanya, namun juga warga desa sekitar lainnya.

“Kami bersyukur Desa Kahayya semakin mendapat perhatian, tentu ini juga berdampak pada tingkat kesejahteraan warga kami dan warga desa sekitarnya,” imbuhnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4676 seconds (0.1#10.140)