3 Kelurahan Terdampak Banjir Bandang di Cimahi, 181 Rumah Rusak

Rabu, 16 Februari 2022 - 20:41 WIB
loading...
3 Kelurahan Terdampak Banjir Bandang di Cimahi, 181 Rumah Rusak
Tiga kelurahan di Cimahi terdampak banjir bandang, 181 rumah rusak.Foto/dok
A A A
CIMAHI - Ratusan rumah warga di Kota Cimahi mengalami rusak ringan dan sedang akibat terendam banjir yang terjadi pada Selasa (15/2/2022) sore.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, jumlah rumah yang mengalami kerusakan mencapai 181 unit rumah. Rinciannya, ada 6 rumah yang rusak sedang dan 175 unit mengalami rusak ringan.

Baca juga: Warga di Aliran Sungai Cihaur Harap-harap Cemas, Banjir Bandang Datang Lagi

"Total rumah yang terdampak akibat banjir pada Selasa sore ada 181 rumah yang didominasi rusak ringan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Asep Bachtiar, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, rumah-rumah warga yang rusak itu tersebar di berbagai wilayah. Seperti di Kelurahan Padasuka, Kelurahan Citeureup, dan Kelurahan Cipageran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya ada sejumlah warga yang sempat mengungsi.

Yakni tercatat ada sebanyak 167 Kepala Keluarga (KK) dengan 509 jiwa sempat mengungsi akibat kerusakan tersebut, yang disebabkan rumahnya tergenang. Kebanyakan adalah yang rusak sedang karena dinding rumahnya ada yang jebol.

Baca juga: Tak Kalah Cantik, Kembaran Briptu Christy Berkulit Mulus dan Hidung Mancung

"Mereka yang terdampak itu mengungsi ke keluarganya atau saudaranya yang lebih aman, untuk menghindari banjir susulan," tandasnya.

Dikatakannya, faktor penyebab banjir tersebut dikarenakan curah hujan yang tinggi di wilayah utara. Kondisi drainase juga tidak mampu untuk menampung air hingga meluber ke jalan hingga permukikan warga.

"Petugas kami sudah langsung terjun ke lapangan mengirimkan bantuan logistik sesuai arahan Pak Plt. Seperti mengirimkan keperluan mendasar, terpal, tikar, air mineral, mie instan untuk rumah yang tidak bisa ditempati," sebutnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)