Antisipasi Gangguan Keamanan, Blok Hunian Lapas Sidoarjo Digeledah

Rabu, 16 Februari 2022 - 12:30 WIB
loading...
Antisipasi Gangguan Keamanan, Blok Hunian Lapas Sidoarjo Digeledah
Jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan penggeledahan blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Sidoarjo.Foto/Lukman Hakim
A A A
SIDOARJO - Jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) melakukan penggeledahan blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Sidoarjo pada Selasa (15/2/2022) malam. Penggeledahan dipimpin langsung Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sidoarjo Prayogo Mubarak.

Dia memimpin 20 petugas pengamanan untuk melakukan penggeledahan di Blok B. “Beberapa Lapas/ Rutan memang telah melakukan penggeledahan kamar hunian, termasuk di Lapas Sidoarjo,” ujar Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Jengkel Diselingkuhi dan Ditalak Suami, Istri Bongkar Rumah Hasil Kerja Jadi TKI

Wisnu menjelaskan bahwa penggeledahan rutin ini sesuai dengan SOP pengamanan di lapas/rutan. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui ada tidaknya potensi gangguan keamanan dan ketertiban Selain barang-barang berbahaya, petugas sekaligus mengecek kondisi kamar hunian. “Hal ini untuk memastikan tidak ada perusakan dinding kamar maupun bagian lainnya,” urai Wisnu.

Apalagi saat ini, kata dia, lapas tersebut diisi 1.025 warga binaan. Tentunya, risiko dalam aspek keamanan dan ketertiban menjadi tinggi. Namun, pria asli Semarang itu menjelaskan bahwa pada razia di blok hunian Lapas Sidoarjo tidak ditemukan hal-hal menonjol. “Petugas menyita alat-alat yang terbuat dari besi seperti sendok dan gunting,” ujarnya.

Baca juga: Siswa di Lamongan Belajar di Ruang Kelas yang Terendam Banjir Luapan Anak Bengawan Solo

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sidoarjo Prayogo Mubarak menjelaskan, beberapa warga binaan membuat benda tajam dari sikat gigi. Gagang sikat digosokkan ke lantai sehingga menjadi tajam dan runcing. Benda-benda seperti ini berpotensi membuat masalah jika ada keributan.

“Kami tidak ingin ada masalah yang lebih serius ketika ada keributan antar warga binaan, jadi kita amankan benda-benda yang sekiranya membahayakan,” terangnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)