Kasus COVID-19 Naik, Pemkab Bandung Barat Pastikan Ketersediaan Ruang Perawatan di RS

Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:53 WIB
loading...
Kasus COVID-19 Naik, Pemkab Bandung Barat Pastikan Ketersediaan Ruang Perawatan di RS
Pemkab Bandung Barat memastikan ketersediaan ruang perawatan di rumah sakit.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG BARAT - Bertambahnya kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuatnya masuk daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Menyikapi hal itu, Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengambil langkah cepat dengan melakukan evaluasi.

"Peningkatan kasus ini harus diantisipasi. Maka harus dipastikan untuk ketersediaan tempat tidur bagi warga yang akan dirawat," ucapnya, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Putranya Tewas di Jurang Curug Cigentis, Orang Tua Siswa SMK Karawang Pasrah

Sebab, kata Hengki, bisa saja kasusnya naik karena kebanyakan adalah bergejala ringan walaupun jangan dianggap sepele. Oleh karenanya banyak warga yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Oleh karenanya, kepada seluruh camat diharuskan untuk terus melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman). Bagaimana kondisi dan perkembangan hariannya jangan sampai tidak terperhatikan.

"Selain upaya itu, kita juga terus berikhtiar dengan percepatan vaksinasi yang terus dilakukan termasuk booster," imbuhnya.

Menurutnya, sejumlah masukan dari berbagai elemen Forkopimda juga telah disepakati. Seperti sepakat dengan Kapolres dan Dandim bahwa semua harus bergerak dalam melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Sebab penanganan COVID-19 adalah tanggungjawab bersama.

"Kolaborasi terus dijalankan antara seluruh lapisan (Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri). Sebab berkaca dari pengalaman sebelumnya saat libur lebaran tahun, skema itu berhasil menekan kasus penularan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)