Kejayaan Aceh Masa Sultan Iskandar Muda dan Pasukan Gajah yang Agung

Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:26 WIB
loading...
Kejayaan Aceh Masa Sultan Iskandar Muda dan Pasukan Gajah yang Agung
Ilustrasi pasukan gajah. Foto: Istimewa
A A A
SULTAN Iskandar Muda (1607-1636) membentuk Aceh menjadi negara yang paling kuat di Nusantara bagian barat. Kekuatan militernya sangat ditakuti saat itu, mulai dari pasukan lautnya hingga pasukan gajah.

Kapal-kapal besar yang dimiliki Iskandar Muda, mampu mengangkut 600-800 orang prajurit. Dia juga memiliki pasukan kavaleri yang diantaranya menunggang kuda-kuda Persia. Belum lagi pasukan gajahnya yang sangat terkenal.

Sultan Iskandar Muda juga memiliki artileri yang sangat banyak, dan pasukan-pasukan milisi infrantri.



Melalui kekuatan militernya itu, Iskandar Muda berhasil menaklukkan Deli pada 1612, Aru dan Johor pada 1613. Bahkan, dia berhasil membawa Sultan Johor Alauddin Riayat Syah II (1597-1613) dan anggota kerajaan lainnya ke Aceh.

Kebesaran Iskandar Muda dengan kekuatan militer dan pasukan gajahnya akan menjadi bahasan Cerita Pagi hari ini.

Aceh pada abad ke-17 banyak terdapat gajah. Iskandar Muda memanfaat potensi tersebut sebagai pasukan perang yang mematikan. Seperti tercatat dalam kitab Bustanu-Salatin yang mengisahkan Sultan Iskandar Muda berburu gajah.



Dikisahkan, Iskandar Muda melakukan perburuan gajah dalam perjalanan di sepanjang Pantai Pidie ke Pasai, pada 1638.

Bagi rakyat Aceh dan Iskandar Muda, gajah merupakan bagian terpenting dari pasukan Aceh dan lambang kedudukan tertinggi yang agung. Sehingga, dirinya memonopoli semua tangkapan gajah, hingga 900 ekor untuk dirinya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3356 seconds (0.1#10.140)