Penyulingan Minyak Meledak, Langit Muba Mendadak Hitam

Rabu, 09 Februari 2022 - 23:19 WIB
loading...
Penyulingan Minyak Meledak, Langit Muba Mendadak Hitam
Penyulingan minyak di Muba meledak. Foto: Dede/SINDOnews
A A A
MUBA - Masyarakat Desa Tanjung Durian, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dikejutkan dengan suara ledakan yang berasal dari lokasi penyulingan minyak di kawasan tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, ledakan pertama kali terjadi pukul 10.45 WIB. Tak hanya sekali, ledakan di lokasi penyulingan atau tempat memasak minyak tersebut terus berulang hingga lima kali dengan jedah waktu yang berbeda-beda.

Diduga, ledakan di lokasi penyulingan minyak tersebut berasal dari percikan api pemasakan tungku masakan yang terlalu panas, sehingga menyebabkan api menyebar dan menyambar minyak yang ada di dalam tungku masakan.

Baca juga: Isu Adanya Sabotase Kebakaran Tangki Kilang Minyak Cilacap Melukai Pekerja Pertamina

Akibat dari api yang menyambar minyak tersebut, ledakan pun tak terhindarkan hingga membuat langit biru di sekitar lokasi langsung berubah karena ditutupi asap hitam yang membumbung tinggi hingga 10 meter.

Camat Lawang Wetan, Candra mengatakan, bahwa memang betul telah terjadi peristiwa meledaknya tempat memasak minyak tersebut. Penyebabnya diduga karena api yang menyambar drum minyak sehingga terjadi ledakan.

"Api menyambar wadah tempat memasak minyak yang berisi 50 drum. Karena api bertambah besar sehingga api kembali menyambar 30 drum minyak hasil sulingan," ujar Candra, Rabu (9/2/2022).

Baca: Sempat Padam saat Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Jaringan Listrik PLN Kembali Menyala

Diungkapkan Candra, dibutuhkan waktu cukup lama hingga berjam-jam untuk memadamkan api yang berkobar akibat terbakarnya puluhan drum minyak hasil sulingan tersebut.

"Masyarakat disekitar lokasi ikut berupaya memadamkan api dengan cara menyemprotkan cairan deterjen. Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Dan perkara ini ditangani oleh Polsek Babat Toman," jelasnya.

Sementara itu, Kades Tanjung Durian, Zamawi menambahkan, ledakan tersebut terjadi karena pemanasan tungku yang terlama sehingga menyebabkan api menyambar tungku.

Baca: Api di Kilang Minyak Cilacap Masih Membara, Warga Sekitar Mulai Khawatir

"Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa ataupun korban luka bakar. Saat ini pemilik masih dilakukan penyelidikan di Polsek Babat Toman," tukasnya.
(hsk)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1690 seconds (10.177#12.26)