Musrenbang Tingkat Kecamatan Nuha Usulkan 27 Kegiatan

Rabu, 09 Februari 2022 - 22:19 WIB
loading...
Musrenbang Tingkat Kecamatan Nuha Usulkan 27 Kegiatan
Suasana Musrenbang tingkat Kecamatan Nuha yang digelar di Halaman Kantor Desa Sorowako. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Musrenbang tingkat Kecamatan Nuha yang digelar di Halaman Kantor Desa Sorowako, mengusulkan sebanyak 27 kegiatan pada Rabu (09/02/2022).

Dalam musrenbang tersebut Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir membuka acara mewakili Bupati Luwu Timur Budiman.



Rapiuddin mengatakan, tujuan dilaksanakannya Musrenbang Kecamatan adalah untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah di wilayah kecamatan.

"Oleh sebab itu, saya berharap kepada Kepala OPD, setelah disepakatinya prioritas usulan Desa pada Musrenbang Kecamatan ini, untuk segera melakukan investigasi lapangan, guna memastikan kelayakan teknis usulan di lapangan untuk selanjutnya dijadikan pertimbangan untuk dialokasikan pada Renja OPD," tutur Rapiuddin.

Ia menilai, sesuai dengan teman musrenbang tahun ini yakni “Akselerasi pertumbuhan ekonomi, penguatan infrastruktur daerah, dan pemenuhan layanan dasar”. Tema ini mengandung makna bahwa fokus Akselerasi pertumbuhan ekonomi diharapkan tercipta kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi daerah.

Terakhir, Rapiuddin menyampaikan juga beberapa hal terkait Bantuan Keuangan yang bersifat Khusus (BKK), Rp1 Miliar 1 Desa. Harus dipahami bahwa BKK ini merupakan upaya pemerataan dan percepatan pembangunan perdesaan serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap kepada seluruh Pemerintah Desa agar BKK ini, digunakan dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan," tandas Staf Ahli Pembangunan.



Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dimana forum diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi-aspirasinya dan setiap aspirasi kemudian langsung ditanggapi dari dinas terkait yang menjadi pertanyaan peserta musrenbang. Pada musrenbang ini, terdapat 27 usulan yang dimasukkan, dengan rincian ; 2 usulan dari Pemerintah Kecamatan Nuha dan 25 usulan dari Pemerintah Desa dan Lurah.

Turut hadir para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Camat Nuha, Nur Syaifullah Rahman, perwakilan DPRD Lutim, para Kepala Desa lingkup Kecamatan Nuha, Toko masyarakat dan Tokoh Agama.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)