Wayang Youth Festival Kenalkan Seni Tradisional kepada Generasi Milenial

Selasa, 08 Februari 2022 - 23:23 WIB
loading...
Wayang Youth Festival Kenalkan Seni Tradisional kepada Generasi Milenial
Jika selama ini masyarakat mengenal tokoh-tokoh pewayangan dari pagelaran wayang kulit atau sendratari wayang orang, kini ada cara untuk lebih mendekatkan wayang ke generasi milenial. Foto ist
A A A
BOGOR - Jika selama ini masyarakat mengenal tokoh-tokoh pewayangan dari pagelaran wayang kulit atau sendratari wayang orang, kini ada cara untuk lebih mendekatkan wayang ke generasi milenial . Salah satunya melalui Wayang Youth Festival.

Pada lomba komik strip wayang ini, peserta dibebaskan untuk mengkreasikan gambar tokoh pewayangan, selama tidak menyalahi pakem. Para Juri pun terkesan dengan kreativitas 96 peserta lomba komik strip Wayang Youth Festival, termasuk karya Skolastika Sacristie Angelic finalis termuda yang masih berusia 7 tahun.

Wayang Youth Festival merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bekerja sama Sampan Bujana Sentra serta didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Puncak dari Wayang Youth Festival adalah malam apresiasi yang digelar secara virtual pada Jumat (4/2/2022).



Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, EVP Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, dan Direktur Sampan Bujana Sentra Uniek Sampan Hismanto. Turut hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto turut memberikan sambutan.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, Wayang Youth Festival digelar dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional pada 7 November 2021 lalu. Melalui penyelenggaraan Wayang Youth Festival, pihaknya berharap generasi muda dapat lebih mengenal dan mengambil teladan dari nilai-nilai yang terkandung dari kesenian tersebut.

“Kami akan terus membuktikan komitmen untuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia. Kami berupaya menjalankan program pelestarian wayang secara konsisten sebagai usaha untuk mempertahankan penetapan Wayang Indonesia sebagai warisan maha karya dunia oleh UNESCO," ungkap Jahja dalam pernyataannya, Selasa (8/2/2022).

Selain Lomba komik strip Wayang, juga ada Lomba Seni Drama Tari Wayang, dengan kategori Lomba Seni Drama Tari Wayang Tradisional dan Lomba Seni Drama Tari Wayang Kontemporer. Direktur Sampan Bujana Sentra, Uniek Sampan Hismanto yang salah satu tim juri mengatakan, sejak dibuka tahun lalu, Wayang Youth Festival telah menghimpun sebanyak 25 kelompok dengan 431 peserta untuk lomba Seni Drama Tari Wayang.

Melalui kegiatan Wayang Youth Festival ini, kata Uniek, masyarakat semakin mengenal dan terus mencintai budaya Indonesia, serta patut membanggakan budaya bangsa sendiri. Baca juga: Berbentuk Gunungan Wayang, Ini Penampakan Embung Imogiri Bantul

"Kami segenap keluarga besar Sampan Bujana Sentra (SBS) turut memberikan apresiasi bagi seluruh pemenang, serta peserta yang telah aktif berpartisipasi. Semoga dengan kehadiran kegiatan seperti ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk melestarikan wayang,” ujar Uniek

Di malam apresiasi, pihak penyelenggara menyuguhkan drama tari wayang dari KSATRIA, pemenang kontes pencarian bakat dan dalang Danang Lawu Sulistiyono beserta karawitan siswa SMKI Surakarta yang menghadirkan pertunjukan wayang dikombinasikan dengan video animasi.

Selain itu, ada live challenge komik strip dan dialog budaya dengan narasumber Direktur Nusantara Institute Sumanto Al Qurtuby, koreografer muda Bathara S. Dewandoro, dan jurnalis senior Eko B. Supriyanto.

“Kami mengapresiasi seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Usaha dan karya kalian sungguh menginspirasi. Kami berharap melalui kompetisi ini kian membuka peluang bagi banyak pihak yang ingin berkontribusi membangun kelestarian kebudayaan di Indonesia melalui berbagai kanal,” ujar CSR BCA Inge Setiawati.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)