Pangeran Kuda Putih Resmi Dikukuhkan Menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon

Senin, 07 Februari 2022 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Santana Kesultanan Cirebon, menurut Raden Hamzaiyah menolak keberadaan tiga orang yang dikukuhkan sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, karena ketiganya tidak sesuai nilai-nilai yang ditetapkan majelis tinggi adat Kesultanan Cirebon.

Raden Hamzaiyah menambahkan, dinobatkannya Pangeran Kuda Putih sebagai Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja, yaitu untuk menyelamatkan semua peninggalan dan kekayaan, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak dari almarhum Kanjeng Sunan Gunungdjati.

Pengukuhan Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, yang dilakukan oleh Dzuriah atau keturunan Kanjeng Sunan Gunungdjati ini, dikemas dalam acara silaturahmi Dzuriah Sunan Gunungdjati, yang dihadiri oleh para raja, sultan, dan juga datuk dari beberapa daerah yang ada di Nusantara.

Sedang dipilihnya Kamukten Aria Kemuning sebagai tempat silaturahmi Dzuriah Sunan Gunungdjati, karena tempat tersebut dulunya merupakan cikal bakal atau asal mula pusat pemerintahan almarhum Pangeran Arya Kamuning, yaitu putera dari Kanjeng Sunan Gunungdjati. Saat itu, pemerintahan Arya Kamuning meliputi wilayah Kuningan hingga perbatasan Cirebon Bagian Timur.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)