Pangeran Kuda Putih Resmi Dikukuhkan Menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon

Senin, 07 Februari 2022 - 09:29 WIB
loading...
Pangeran Kuda Putih Resmi Dikukuhkan Menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon
Pangeran Heru Rusyamsi Arianatereja atau dikenal dengan sebutan Pangeran Kuda Putih dikukuhkan sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon dengan gelar Sultan Sepuh Jaenudin II Aria Natareja. Foto/iNews TV/M. Ridwan
A A A
CIREBON - Pangeran Kuda Putih, yang memiliki nama lengkap Pangeran Heru Rusyamsi Arianatereja, resmi dikukuhkan sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon. Dalam pengukuhan itu, Pangeran Kuda Putih juga menerima gelar Sultan Sepuh Jaenudin II Aria Natareja.



Pengukuhan Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon ini dilakukan, setelah Santana Kesultanan Cirebon, menolak adanya tiga orang yang telah dinobatkan menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, dengan berbagai gelar yang diemban.



Proses pengukuhan Pangeran Kuda Putih sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, dilaksanakan di Kamukten Pangeran Arya Kamuning, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Minggu (6/2/2022).



Menurut Juru Bicara Dzuriah Keturunan Sunan Gunungdjati, Raden Hamzaiyah, dasar deklarasi pengukuhan Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon tersebut, adalah merupakan hasil musyawarah dan mufakat setelah diteliti dari nasab, silsilah dan keturunannya.

"Melihat dari hasil penelitian nasab, silsilah, dan keturunan, akhirnya dalam musyawarah tersebut semua memiliki kemantaban hati untuk memilih Pangeran Kuda Putih dari Dzuriat Kanjeng Sunan Gunungdjati, menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon. Pangeram Kuda Putih merupakan keturunan dari almarhum Pangeran Cakrabuana selaku pendiri Kesultanan Cirebon," terangnya.

Selain itu, Raden Hamzaiyah juga menegaskan,penobatan Pangeran Kuda Putih sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon ini dilakukan, setelah Santana Kesultanan Cirebon, menolak adanya tiga orang yang telah dinobatkan menjadi Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, dengan berbagai gelar yang diemban.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)