BI dan Asparindo Sulsel Akan Lakukan Percepatan Digitalisasi Pasar

Jum'at, 04 Februari 2022 - 22:13 WIB
loading...
A A A
"Kami sudah mendapat arahan pemerintah di daerah. Apa yang tidak bisa dilakukan Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel termasuk yang OPD yang terkair di daerah akan kami coba bantu," ujarnya.



Apalagi, kata Sahar Asparindo Sulsel dan Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel akan membuat program Gerakan Belanja ke Pasar Rakyat. "Setiap warga tanpa ke pasar bisa berbelanja. Saat ini kami tengah menyiapkan ekosistem digitalnya. Sejak tahun lalu kami sudah jalankan di beberapa pasar di Sulsel termasuk di Makassar," kata dia.

Adapun kebutuhan untuk pemantauan harga dan stok komoditas strategis di pasar-pasar tradisional, Sahar melihat peluang ini bisa dimanfaatkan pemerintah termasuk BI untuk memanfaatkan fasilitas Baruga Asparindo yang akan dibentuk di setiap pasar tradisional di Sulsel.



"Kami akan membuat intermediate transaksi antara pedagang dan perbankan maupun alat pembayaran digital platform. Kendala transaksi digital akan kami benahi di pasar-pasar rakyat," kata dia.

Selain itu, Sahar juga akan mengembangkan sistem informasi dan pendataan pedagang pasar-pasar tradisional melalui ekosistem digital yang dapat memudahkan pedagang pasar bisa mengakses pembiayaan maupun transaksi digital saat ini.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)