Gojek Bantu Kembangkan 100.000 UMKM di Tengah Pandemi

Jum'at, 12 Juni 2020 - 16:23 WIB
loading...
Gojek Bantu Kembangkan 100.000 UMKM di Tengah Pandemi
Ilustrasi pelaku UMKM. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Selama tiga bulan terakhir, sekitar 100.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bergabung dalam platform operator transportasi online Gojek.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, selama pandemi COVID-19 melanda, Gojek menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar UMKM mudah bermigrasi hingga mengembangkan bisnisnya secara online. Hal ini karena masyarakat sebagai konsumen kini lebih memilih berbelanja secara online sebagai salah satu kebiasaan baru di masa pandemi.

"Di saat seperti ini, sangat penting bagi UMKM untuk memiliki kemampuan melakukan transformasi digitalisasi dan masuk ke bisnis online. Restoran, kafe, hingga toko kelontong kini tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan yang datang ke lokasi," ujar Andre dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6/2020).

(Baca: Ancam UMKM, Pendirian Minimarket di Majalengka Dievaluasi)

Membantu UMKM mengadopsi teknologi, lanjut Andre, telah menjadi DNA Gojek sejak awal berdiri dan semakin dibutuhkan di masa pandemi saat ini. Untuk pengembangan bisnis secara online, Gojek memberikan solusi sesuai kebutuhan UMKM yang mencakup aspek pemasaran, pengambilan pesanan, pembayaran, pengiriman, hingga manajemen bisnis.

"Gojek telah menempati posisi terdepan sebagai platform multi-layanan yang terus diandalkan oleh pengguna dan mitra kami. Hal ini tercermin dari sekitar 100.000 UMKM yang bergabung di platform Gojek dalam tiga bulan terakhir," ungkap Andre.

Lebih lanjut Andre mengatakan, pada bagian kemitraan, Gojek kini telah bermitra dengan berbagai institusi pemerintah antara lain Kementerian Pertanian (Kementan) guna mendorong pertumbuhan UMKM secara online. "Kerja sama Gojek dan Kementan memungkinkan pedagang di Pasar Mitra Tani untuk menjangkau pelanggan lebih luas di platform Gojek," imbuhnya.

(Baca: Hadapi New Normal, BI Jabar Dorong UMKM Manfaatkan Akses Digital)

Gojek juga mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia. Melalui #BanggaBuatanIndonesia, Gojek menghubungkan ratusan ribu UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke jutaan pelanggan Gojek.

Sedangkan pada area ekosistem terlengkap dan terintegrasi, Gojek memiliki sejumlah solusi dan perangkat guna membantu UMKM migrasi dan mengembangkan bisnis secara online, seperti layanan on-demand terdepan guna membantu UMKM menjangkau jutaan pelanggan, di antaranya GoFood, GoPay, dan GoSend.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2034 seconds (11.252#12.26)