Makassar Diprediksi Hadapi Masa Krisis Covid-19 dalam 4 Pekan ke Depan

Kamis, 03 Februari 2022 - 16:30 WIB
loading...
Makassar Diprediksi Hadapi Masa Krisis Covid-19 dalam 4 Pekan ke Depan
Kota Makassar diprediksi akan menghadapi masa sulit alias krisis Covid-19 dalam empat pekan ke depan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Potensi gelombang ketiga Covid-19 di Kota Makassar mulai diantisipasi. Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Ansariadi, memprediksi masa krisis Covid-19 bisa terjadi dalam empat pekan ke depan.

"Makassar satu dua minggu ini ada lagi gejala, seperti ada tanjakan kembali. Nah dari pengalaman kita sebelumnya, kita hati-hati. Bisa naik kembali,” ujar Ansariadi, saat rapat koordinasi bersama Pemkot Makassar di Balai Kota Makassar, Kamis (3/2/2022).

Ansariadi mengungkapkan sudah hampir tiga bulan terakhir Kota Makassar bisa mengendalikan penularan. Namun dengan adanya varian baru Covid-19 yaitu Omicron, maka ada potensi lonjakan kasus.



“Mereka itu bermutasi. Dia juga makhluk jadi perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jadi itu alamiah kalau kita belajar tentang virus. Semakin lama semakin berubah,” jelasnya.

Dia bahkan mencatat sudah ada 25 jenis virus tersebut. Hanya saja, tidak semua mengalami perubahan yang signifikan sepeti varian-varian yang telah diumumkan. Seperti varian Alfa, Gamma, Delta, hingga terakhir Omicron.

“Kenapa perlu mendapat perhatian, pertama karena cepat menularnya. Jadi virus itu ada beberapa diperhatikan. Cepat penularannya atau tidak, bebrbahaya atau tidak, vaksinnya tahan atau tidak,” papar Ansariadi.

Secara global, Ansariadi menyampaikan sejak Januari penularan Covid-19 sudah mulai kembali terasa. Kali ini bahkan penularannya jauh lebih cepat dan tinggi dibanding dengan tahun sebelumnya.

Kendati begitu, jumlah kematian dari penularan Omicron masih lebih kecil dari varian lainnya. Pasalnya, Omicron cenderung menyerang tenggorokan manusia. Sedangkan Delta menyerang paru-paru.



“Negara yang sudah bagus vaksin keduanya banyak. Tidak banyak yang mati dari sebelumnya. Tapi perlu diingat memang tidak terhindar dari kena, tapi bisa lebih ringan karena sudah vaksin,” bebernya.

Ansariadi menambahkan, vaksinasi minimal dosis kedua akan cukup membantu menekan penularan Covid-19 . Makanya, ia berharap keseimbangan antara vaksin dosis pertama dan kedua bisa diseimbangkan.

“Kita masih ada waktu kritis ini empat minggu ke depan,” tegas Ansariadi.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)