Pemkot Makassar Kalah Gugatan, Dua Aset Lahan Sekolah Hilang

Selasa, 01 Februari 2022 - 17:39 WIB
loading...
Pemkot Makassar Kalah Gugatan, Dua Aset Lahan Sekolah Hilang
Pemkot Makassar kehilangan aset lahan di dua sekolah usai kalah gugatan. Penyebabnyadisinyalir karena tidak adanya bukti legalitas kepemilikan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Aset lahan dua sekolah dalam kompleks milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Makassar hilang lantaran usai kalah gugatan di Mahkamah Agung (MA).

Kedua aset lahan sekolah tersebut berada dalam satu kompleks yang sama. Yakni, SD dan SMP Pajjaiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

"Kita kalah (gugatan) lagi, laporan dari Mahkamah Agung. SD dan SMP Pajjaiang kan ada kompleksnya di situ toh, SD dan SMP," ujar Walikota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga:Masih Andalkan Catatan, Aset Pemkot Makassar Rawan Lepas

Dia mengungkapkan, status kepemilikan lahan di dua sekolah itu sebelumnya digugat oleh keluarga atas nama Hj Siti dan Hj Masita. Danny curiga, ada dugaan keterlibatan mafia tanah dalam perkara.

"Iya (satu keluarga). Inimi yang disinyalir ada backup-nya semua ini," imbuh dia.

Hilangnya aset sekolah tersebut disinyalir karena Pemkot Makassar tidak memiliki bukti legalitas atas kepemilikan aset itu. Makanya, posisi pemerintah lemah hingga berujung kalah gugatan.

"Jangan mako tanya masalah itu (penyebab kalah gugatan). Kau tahumi toh (karena lemahnya bukti kepemilikan). Saya lagi gali ini," tambah Danny.

Pemkot Makassar pun tengah mengerahkan tim pemburu aset untuk mengantisipasi terjadi hal serupa. Tugasnya untuk mengidentifikasi hingga melakukan penyelamatan aset yang rawan diserobot.

Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Akhmad Namsum mengaku, kasus ini merugikan pemerintah. Hanya saja, luasan lahan dan nilai aset yang diserobot itu belum diketahui secara pasti.

"Ini kasusnya (lahan sekolah yang digugat) sudah lama bergulir. Kalau di MA (Mahkamah Agung) ini kan prosesnya sudah lama," beber dia.

Perkara ini pun akan jadi bahan evaluasi untuk segera mengantisipasi kerawanan hilangnya aset lain. Khususnya yang belum memiliki bukti alas hak.

Baca Juga:4.087 Lahan Aset Pemkot Makassar Belum Bersertifikat
(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3168 seconds (10.177#12.26)