Gereja Tua di Tomohon Resmi Jadi Situs Cagar Budaya Nasional

Senin, 31 Januari 2022 - 01:05 WIB
loading...
Gereja Tua di Tomohon Resmi Jadi Situs Cagar Budaya Nasional
Gedung gereja tua GMIM Sion Tomohon ditetapkan sebagai situs cagar budaya peringkat Nasional. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
TOMOHON - Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menetapkan gedung gereja tua GMIM Sion Tomohon sebagai situs cagar budaya peringkat Nasional. Penetapan itu dilakukan Kemendikbud Ristek, melalui surat No 128/M/2021.



Peresmian Gereja Sion Tomohon sebagai situs cagar budaya peringkat Nasional, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, bersama Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk, Minggu (30/1/2022).



Kegiatan peresmian yang dirangkaikan dengan ibadah syukur HUT ke-182 jemaat GMIM Sion Tomohon, dipimpin Pdt Hein Arina selaku Ketua BPMS (Badan Pekerja Majelis Sinode) GMIM, bersama Pdt Senduk G A Roeroe MTh selaku Ketua BPMJ Sion Tomohon juga Ketua FKUB Kota Tomohon.



Dalam sambutannya, Olly Dondokambey mengatakan, Pemprov Sulut mendorong situs cagar budaya peringkat nasional sebagai bagian dalam meningkatkan pengenalan unsur religius. "Gereja Sion adalah sebagai gereja perdamaian di Sulawesi Utara, dan menjadi kebanggaan. Presiden pertama Indonesia, Soekarno pernah berpidato di mimbar Gereja Sion ini. Hal ini menjadi kebanggaan kita semua," katanya.

Ke depannya kata dia, Pemprov Sulut tetap terus mendukung kelestarian Gereja Sion Tomohon, yang telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya peringkat Nasional. "Selamat merayakan HUT ke-182 bagi Jemaat GMIM Sion Tomohon, dan selamat atas peresmian Cagar Budaya Nasional Gereja Sion Tomohon. Semoga Tuhan Yesus Kristus senantiasa menuntun, melindungi, menyertai dan memberkati kita semua," ujar Olly.

Gereja Tua di Tomohon Resmi Jadi Situs Cagar Budaya Nasional


Sementara itu Caroll Senduk menyampaikan, penetapan situs cagar budaya ini menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon. "Atas nama Pemkot Tomohon, menyampaikan selamat bersyukur, selamat hari jadi kepada jemaat GMIM Sion Tomohon, dan selamat atas diresmikannya sebagai situs cagar budaya peringkat nasional," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3196 seconds (0.1#10.140)