alexametrics

Waspada, ruas Jalinsum kembali rusak

loading...
Waspada, ruas Jalinsum kembali rusak
Foto: dok sindonews
A+ A-
Sindonews.com - Meskipun belum terlalu lama diperbaiki, ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Tebingan, Kelurahan Talang Gunung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang, Sumatera Selatan (Sumsel) kembali rusak.

Kerusakan tersebut disebabkan mengelupasnya aspal badan jalan, sehingga material seperti batu dan pasir keluar dan menyebabkan terbentuknya lubang di badan jalan.

Pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati memilih jalur, mengingat titik kerusakan tersebut terletak di tebingan yang cukup curam dan ada tikungan di bagian atas tebing.



Menurut warga Talang Gunung, Alfian, kerusakan tersebut mulai terjadi sebelum bulan Ramadan lalu. Padatnya arus kendaraan baik saat arus mudik maupun balik menyebabkan kerusakan jalan semakin parah. Menurutnya, bila musim hujan dipastikan di titik tersebut ada air yang tergenang.

“Banyak sekali kendaraan yang terjebak karena tidak mengetahui ada kerusakan ini, apalagi kendaraan yang datang dari atas atau dari arah Lubuklinggau,” ujar Alfian menjelaskan kepada wartawan, Jumat (7/9/2012).

Sementara keluhan akibat kerusakan di titik tersebut menurut Amrullah warga kelurahan Jayaloka Tebing Tinggi dapat memicu kejadian kriminalitas. Apalagi menurutnya, kawasan Talang Gunung termasuk kawasan rawan kriminalitas khususnya penodongan.

Saat malam hari, kondisi di titik kerusakan tersebut gelap gulita dan tidak ada penerangan atau Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal itu menurutnya, dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk mengincar calon korbannya.

“Mau tidak mau pengendara harus lambat untuk menghindari kerusakan, sehingga pelaku dapat dengan mudah menaklukkan calon korban,” ujarnya.

Dia mengatakan akhir-akhir ini aksi kriminalitas di jalan raya di wilayah Empatlawang kembali marak. Tidak sedikit korban yang harus kehilangan harta bendanya khususnya sepeda motor akibat dirampas oleh para pelaku.

“Beberapa kali kejadian di Pajar Bhakti penodongan dilakukan di jalur jalan yang rusak, karena pengendaranya lambat. Kami khawatir di lokasi jalan rusak di Talang Gunung juga menjadi tempat para perampok mengincar korban,” tandasnya.
(azh)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak