Peruri Bangun Instalasi Pengolahan Air di Karawang

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:55 WIB
loading...
Peruri Bangun Instalasi Pengolahan Air di Karawang
Instalasi Pengolahan Air (IPA)/Water Treatment Plant (WTP) di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diresmikan. (Ist)
A A A
KARAWANG - Instalasi Pengolahan Air (IPA)/Water Treatment Plant (WTP) di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diresmikan. Sarana air bersih ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Peresmian dilakukan oleh Kepala Biro TJSL Peruri Ratih Sukma Pratiwi didampingi Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Karawang Asep Hazar serta disaksikan oleh Camat Ciampel Agus Sugiono dan Kepala Desa Parungmulya Hanapi.

Water Treatment Plant dibangun oleh Peruri di sekitar aliran Sungai Citarum Barat. Sebagian besar warga Desa Parungmulya sebelumnya menggunakan air sungai secara langsung untuk kebutuhan air sehari-hari yang belum terjamin kualitasnya. Water Treatment Plant memanfaatkan air yang berasal dari aliran sungai irigasi di Desa Parungmulya.

"Melalui WTP ini diharapkan dapat menghasilkan air bersih sebanyak 500 liter per menit. Air bersih yang dihasilkan telah memenuhi standar kelayakan air bersih yang telah ditetapkan, sehingga aman untuk digunakan sebagai sumber kehidupan sehari-hari bagi warga Desa Parungmulya dan menurunkan angka kasus stunting di Karawang," kata Ratih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/1/2022).

Selain pengadaan WTP bagi warga di sekitar aliran Sungai Citarum Barat, Peruri juga melakukan pengadaan tandon/toren air yang berfungsi sebagai tempat penampungan air bersih bagi warga yang tinggal di wilayah sekitar Kawasan Produksi Peruri yaitu di Dusun Cibenda dan Dusun Cikamuning. Warga di Dusun tersebut sering mengalami kekurangan air yang diakibatkan kekeringan pada musim kemarau dan tidak memiliki akses terhadap air bersih. Baca: Derita Asam Lambung Akut, Pemuda di Deliserdang Pilih Gantung Diri.

Melalui pengadaan dua sarana ini diharapkan akses masyarakat terhadap air bersih menjadi lebih mudah, sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat. Masyarakat yang sehat akan bertambah produktif sehingga kondisi ekonominya juga meningkat.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)