Heroik! Satpam BRI Gagalkan Aksi Penipuan di Galeri ATM Pematang Siantar

Kamis, 27 Januari 2022 - 14:20 WIB
loading...
Heroik! Satpam BRI Gagalkan Aksi Penipuan di Galeri ATM Pematang Siantar
Tim Satpam Bank BRI berhasil menggagalkan aksi penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematang Siantar, Sumatera Utara pada Jumat (21/1/22). Foto/Ist
A A A
PEMATANGSIANTAR - Tim Satpam Bank BRI berhasil menggagalkan aksi penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematang Siantar, Sumatera Utara pada Jumat (21/1/22). Pelaku ditangkap dan diserahkan ke pihak berwajib.

Heroik! Satpam BRI Gagalkan Aksi Penipuan di Galeri ATM Pematang Siantar

Satpam BRI menangkap pelaku penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematang Siantar, Sumatera Utara pada Jumat (21/1/22). Foto/Ist

Pelaku kejahatan ini mengincar lansia yang kurang mengerti teknologi. Dalam mekanisme keamanan, mesin ATM secara otomatis meminta penggantian pin apabila kartu tersebut lama tidak digunakan.

Baca juga: Hati Netizen Tersentuh Lihat Kebaikan CS Bank BRI Layani Ibu Susah Berjalan

"Pelaku akan menawarkan bantuan proses ganti PIN kepada nasabah lansia yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM," kata Pimpinan Cabang BRI Pematang Siantar, Ishak Luthfian, Kamis (27/1/2022).

Sikap ramah dari pelaku, lanjutnya, tidak menimbulkan rasa curiga kepada korban. Karena orangtua cenderung gagap teknologi alias gaptek.

Pelaku akan membantu mengganti PIN, namun dengan cepat dia juga melakukan penarikan tunai. Ketika ATM memproses uang, kartu akan keluar terlebih dahulu, baru kemudian uang tunai. Waktu singkat inilah yang menjadi celah pelaku menipu korban.



Modus baru ini diketahui setelah pengaduan seorang korban, pada Desember 2021. "Pelaku ini luar biasa cepat sekali. Langsung tarik tunai Rp2 juta, kemudian saat uang tunai belum keluar dia menyuruh orangtua tersebut pindah ATM dengan alasan rusak. Uang pun langsung diambilnya," katanya.

Baca juga: Bank BRI Borong Tiga Penghargaan di Ajang Co-Branding Awarding dari Kemenparekraf

Laporan tersebut segera diproses ke pihak kepolisian. Tim Bank BRI juga telah mempelajari dengan seksama bukti-bukti dari CCTV. Wajah dan sosok pelaku dikenali, dan caranya pun sudah dipelajari.

Tidak itu saja, modus baru yang direkam dalam CCTV tersebut dan wajah pelaku juga langsung disebar ke seluruh cabang Bank BRI.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2845 seconds (11.210#12.26)