Ratusan Komunitas Indonesia Timur Kompak Bantu Korban Erupsi Semeru

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:56 WIB
loading...
Ratusan Komunitas Indonesia Timur Kompak Bantu Korban Erupsi Semeru
Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang yang hingga saat ini masih proses pemulihan.Foto/ist
A A A
LUMAJANG - Ratusan komunitas yang tergabung dalam kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) bersatu memberikan bantuan kepada korban erupsi gunung Semeru di Lumajang yang hingga saat ini masih proses pemulihan. Bantuan dari beragam komunitas ini disalurkan melalui tim tanggap bencana (Tagana) KITA.

Bantuan ini sudah disalurkan Minggu 23 Januari 2022 kepada ratusan warga terdampak erupsi gunung Semeru yang berada di tempat pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang Jawa Timur.

Baca juga: Waspada! Jumlah Penderita DBD di Jawa Timur Tembus 977 Orang, 17 Meninggal Dunia

Bantuan ini berupa kebutuhan warga atau disesuaikan dengan keperluan para pengungsi terkini, misalnya susu, gula, minyak goreng, sabun pembersih muka, obat-obatan, mantel, hingga kacamata safety serta kebutuhan lainnya.

Selain itu, Tagana KITA juga menyalurkan uang tunai yang diberikan kepada pengungsi. Bantuan ini merupakan hasil dari galang donasi di kanal KitaBisa.com yang mendapatkan hasil akhir Rp33.305.840. Setiap bantuan yang masuk ini terupdate secara otomatis dan bisa dilihat secara terbuka di https://kitabisa.com/campaign/KITAbantuSemeru.

Penyerahan bantuan ini disaksikan langsung oleh perwakilan komunitas di Lumajang seperti Karang Taruna (Karta) Rencang Tukum, Karta Wisanggeni Lempeni, Visit Lumajang, ada juga anak motor Bold Riders seperti Ride- X Lumajang, R15 Lumajang, serta perwakilan komunitas lainnya.

Penanggung jawab Tagana KITA di Lumajang Miftachul Arif, mengatakan bantuan yang diberikan ini ada yang langsung disalurkan kepada korban erupsi di lokasi, ada juga yang dalam bentuk open donasi yang diinisiasi oleh tim Tagana KITA di Lumajang melalui kanal Kitabisa.com. Untuk yang hasil open donasi online sudah disalurkan pada Minggu kemarin.

Baca juga: Badan Wakaf Indonesia Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Sebelumnya selama dua pekan terakhir ini tim Tagana KITA di Lumajang rutin memantau setiap perkembangan, termasuk juga barang dan kebutuhan apa yang diperlukan. "Untuk saat ini adalah masa pemulihan," kata Miftachul Arif didampingi koordinator Tagana KITA di Lumajang Febry Suryanto.

Dari kanal open donasi ini bantuan datang dari berbagai penjuru, seperti dari Tagana KITA Madiun baik dari Bold Riders maupun Heppiii Community, kemudian Heppiii Community Ponorogo, Bold Riders Bali, Tagana KITA Tulungagung, Jember, Jombang, Blitar, Mojokerto, Banyuwangi, Lamongan, Banjarmasin, Malang, Tanah Grogot, Pasuruan serta hampir semua daerah di Indonesia Timur.
Banyak juga komunitas yang datang langsung ke lokasi, seperti dari Tagana KITA di Surabaya, Probolinggo, dan berbagai daerah lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)