Bangkit dari Pandemi, Seniman hingga Legislator Pentaskan Ketoprak Salah Kaprah

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:05 WIB
loading...
Bangkit dari Pandemi, Seniman hingga Legislator Pentaskan Ketoprak Salah Kaprah
Adegan pentas ketoprak komedi Salah Kaprah dengan lakon Gatotkoco Gandrung yang dimainkan para seniman, penyanyi hingga anggota dewan. Foto/ist
A A A
PATI - Pertunjukan kesenian tradisional di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mulai bergeliat. Pertunjukan digelar daring maupun luring untuk membangkitkan kreativitas seniman yang sebelumnya sepi job akibat pandemi COVID-19.

Kebangkitan mereka salah satunya dengan menggelar pementasan kesenian ketoprak di objek wisata Sendang Sani, Kabupaten Pati, Selasa (25/1/2022). Dengan menampilkan kesenian kelompok Ketoprak Konyit Pati yang mengusung tema Salah Kaprah ini mengambil lakon Gatotkoco Gandrung.

Baca juga: Viral! Pengantin di Grobogan Serahkan Mas Kawin Pajero, Sapi, dan Motor Trail

Menariknya, mereka yang tampil di atas panggung tak hanya dari para seniman, melainkan juga penyanyi campursari hingga legislator. Salah satu legislator yakni anggota Komisi E DPRD Jateng M Zen Adv. Dia menjadi salah satu bintang tamu dalam ketoprak Salah Kaprah. Dia tampil dengan bintang tamu lainnya beradu akting dengan seniman-seniman ketoprak lokal Pati.

“Ini sengaja dipaksakan agar mereka bisa main dan mendapat job, mengingat selama pandemi aktivitasnya mereka berhenti total, tidak tidak satupun yang mendapatkan tanggapan baik untuk mengisi hiburan pada hajatan maupun pementasan lainnya,” kata Susanto Markonyik, seniman asal Pati.

Dengan kreasi Ketoprak Salah Kaprah ini, mereka menggambarkan bahwa kini bisa mendapat job, meski yang diperankan tidak sesuai keahliannya. “Yang terpenting dalam ceritanya mereka mendapat job dan memperoleh penghasilan, ketimbang tidak memiliki aktivitas sama sekali,” katanya.

Baca juga: Kalap karena Istri dan Korban sering Ngobrol Seks, Suami Bunuh PIL di Bali

Lakon Gatotkoco Gandrung pun dalam penampilannya sangat unik karena dikendalikan seorang dalang yang diperankan oleh Pak Uthik yang profesinya sebagai ketoprak komedi, begitu juga Gatotkoco dimainkan seniman ketoprak.

Dalang Pak Uthik dalam memainkan peranannya sangat unik dan lucu yang sering diselingi beberapa dialog plesetan yang membuat penonton semakin ger-ger, bahkan Gatotkoco pun semakin kocak dengan gaya menari dan merayu.

Beberapa jurus sampai senjata pamungkas dikeluarkan sang Gatotkoco. Namun apa daya, lawannya dalam peperangan bukan Janoko atau Buto Cakil tetapi justru dalangnya sendiri yang menjadi lawannya hingga Gatokkoco tewas dengan keris sang dalang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)