Relawan bencana gelar upacara di dalam goa

Jum'at, 17 Agustus 2012 - 13:25 WIB
Relawan bencana gelar upacara di dalam goa
Relawan bencana gelar upacara di dalam goa
A A A
Sindonews.com - Cara unik dilakukan para relawan bencana Kabupaaten Nganjuk, Jawa Timur, untuk menunjukkan rasa patriotismenya. Saat yang lainnya menggelar upacara di lapangan terbuka, para relawan ini justru menggelar upacara di dalam goa persembunyian penduduk pada massa penjajahan Belanda.

Dengan membawa bendera merah putih, belasan relawan dari taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Nganjuk ini berjalan kaki menuju goa Semanding di Kaki Gunung Wilis, tepatnya di Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos, Nganjuk.

Setelah 20 menit meniti hutan, mereka tiba di dlam goa dan langsung menggelar upacara secara sederhana. Setelah upacara selesai, mereka melanjutkan acara renungan di dalam goa dengan menggunakan penerangan lilin.

Para relawan mengaku sengaja menggelar upacara di dalam Goa Semanding karena berdasarkan kesaksian warga sekitar, goa ini merupakan goa persembunyian warga dan pejuang dari kejaran tentara penjajah.

"Jadi ada nilai historis dari keberadaan goa ini," kata Aris Trio Efendi, Koordinator Tagana Nganjuk, Jumat (17/8/2012).

Dengan menggelar upacara di tempat tersebut, para relawan bisa mengikuti upacara dengan lebih khidmad karena merasakan langsung suasana tempat para pejuang bersembunyi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6933 seconds (0.1#10.140)