Catat! Ini Syarat Utama Jadi Pasar Tangguh Covid-19

Kamis, 11 Juni 2020 - 17:21 WIB
loading...
Catat! Ini Syarat Utama Jadi Pasar Tangguh Covid-19
Pasar tradisional menjadi salah satu tempat yang fokus memutus penyebaran COVID-19 melalui pasar tangguh. Foto/SINDOnews/dok
A A A
SURABAYA - Langkah menuju kebiasaan baru terus dilakukan. Pasar tradisional yang selama ini menjadi banyak tempat penularan COVID-19 siap menjadi kawasan tanggung.

Pada tahap awal ini, dua pasar yakni Genteng Baru dan Tambahrejo menjadi pelopor pasar tangguh COVID-19.

"Ada dua pasar yang bakal menjadi pasar tangguh di Surabaya, yakni Pasar Genteng Baru dan Pasar Tambahrejo. Keduanya sudah siap menjadi pasar tangguh," kata Kepala Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, Kamis (11/6/2020).

Dia mengatakan, dua pasar tersebut digagas menjadi pilot project pasar tangguh di Kota Pahlawan. Secara bertahap, pasar-pasar lain juga diharapkan dan disiapkan menjadi pasar tangguh COVID-19. (Baca juga: Persiapan New Normal, Siapkan Pasar dan Industri Tangguh )

Agus Hebi mengataka, konsep pasar tangguh sebenarnya seperti kampung tangguh wani jogo Suroboyo. Yakni, ada tim khusus atau satgas di pasar tersebut. Satgas ini adalah kolaborasi antara pengelola pasar dengan pedagang. Mereka memiliki job description yang sama pula dengan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo, yaitu sebagai Satgas Wani Sehat, Satgas Wani Sejahtera, Satgas Wani Jogo, dan Satgas Wani Ngandani.

"Kami libatkan pedagang karena mari bersama-sama menjaga pasar. Untuk menjadi pasar tangguh bukan hanya tugas pemerintah atau PD Pasar Surya, tetapi tugas bersama, termasuk pedagang," kata dia.

Dia mengatakan, ke depan setiap pasar akan menjadi pasar tangguh. Nantinya dalam struktur satgas atau kepengurusannya, bakal dimasukkan unsur dari pelaku-pelaku usaha di pasar.

"Jadi ada dari pedagang di pasar, juga karyawan di pasar tersebut. Jadi ketangguhan pasar tersebut tergantung dari keaktifan dari kepengurusan untuk menjaga pasar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata dia.

Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya Muhibuddin mengatakan, konsep pasar tangguh adalah mengatur pasar sesuai protokol kesehatan. Misalnya, masuk pasar wajib pakai masker.

"Kalau tidak pakai masker, tidak boleh masuk. Ini berlaku untuk pedagang maupun pengunjung," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)