Sehari, 2 warga tewas gantung diri

Kamis, 26 Juli 2012 - 09:35 WIB
Sehari, 2 warga tewas gantung diri
Sehari, 2 warga tewas gantung diri
A A A
Sindonews.com - Kasus bunuh diri terus saja terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Terakhir, dalam satu hari, dua orang tewas gantung diri dengan menggunakan selendang dan tali ternak.

Penyebabnya diduga depresi akibat kesulitan ekonomi dan penyakit menahun. Kejadian pertama terjadi di Dusun Sempu Lor RT 04/ RW 11 Desa Rejosari, Semin. Panikem (70) warga setempat ditemukan tewas gantung diri di pohon jambu mete yang berjarak sekitar 500 meter dari rumahnya dengan menggunakan selendang.

Malam harinya, Sonto alias Waliman (80) warga Dusun Pelem RT 04/RW 13, Desa Semin, Kecamatan Semin juga melakukan aksi serupa.

Korban gantung diri menggunakan tali yang terbuat dari bambu yang biasa digunakan untuk mencencang hewan ternak, seperti kambing dan sapi.

”Kedua korban diduga depresi karena persoalan ekonomi dan penyakit menahun,” ujar Kanit Reskrim Polsek Semin Aiptu Sumiran kemarin. Dari catatan Polres Gunungkidul, selama Ramadan ini tercatat tiga warga telah mengakhiri hidupnya di tiang gantungan.

Minggu (21/7) lalu, seorang warga Dusun Plembon Lor, Desa Logandeng, Kecamatan Playen juga tewas gantung diri di pohon jati. Total warga yang gantung diri hingga Juli 2012 telah mencapai 25 orang.Kasus ini merupakan persoalan bersama dan lintas sektoral.

”Jadi bukan hanya urusan polisi,” ujar Kasubag Humas Polres Gunungkidul AKP Sukasih.

Upaya pencegahan agar kasus gantung diri tidak terulang, diperlukan kerja sama antarpihak, baik kepolisian, pemkab, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Psikiater RSUD Wonosari Ida Rochmawaty menjelaskan, gerakan secara besar-besaran dan terkoordinasi sangat diperlukan untuk meminimalisasi gantung diri di Gunungkidul ini.

”Ini sebenarnya bukan persoalan mitos pulung gantung, melainkan persoalan hidup yang semakin kompleks yang mendorong warga berbuat nekat mengakhiri hidupnya,” paparnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0109 seconds (0.1#10.140)