Mengharukan! Ini Curhatan Lengkap Ponakan Terdakwa Pembunuh Sapi di Media Sosial versi Manado

Minggu, 16 Januari 2022 - 18:54 WIB
loading...
Mengharukan! Ini Curhatan Lengkap Ponakan Terdakwa Pembunuh Sapi di Media Sosial versi Manado
Kakek bernama Fentje Kahimpon warga Desa Kayuwatu, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa ini kaget menjadi terdakwa pembunuh sapi di kampungnya. Foto: Istimewa
A A A
MINAHASA - Seorang kakek Bernama Fentje Kahimpon di Desa Kayuwatu, Kecamatan Kakas, Minahasa, Sulut, mendadak viral karena telah menjadi terdakwa pembunuhan sapi.

Mirisnya, sapi yang mati itu gara-gara masuk perangkap yang dipasang di kebun sang kakeknya. Kini kakek yang tidak tahu menahu soal hukum apalagi sapi yang mati gara-gara masuk perangkap itu berstatus terdakwa.



Kisah tersebut menjadi viral setelah dibagikan oleh akun sosial media facebook bernama Berly yang merupakan keponakan dari kakek tersebut. Begini versi asli Bahasa Manado di media sosial.

Teruntuk yang diberkati Tuhan; Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, Pak Kapolres, Pak Jaksa, Pak Hakim, Pak Kadis Desa, Pak Camat Kakas di Minahasa, DAN saudara bersaudara KAHIMPON, TOPA, PELAWITEN, KOWAL, ROMBOT, PANDELAKI,RUNTUWENE, LOLONG, TULENAN, RORY, KILALA, TENDEAN, di Desa Kayuwatu, Kakas Bendar, Koha, Agotey, Remboken, Wamena dan dimana saja berada....dan siapa saja yang bersimpati...



Oh Tuhan tolong akang pa kita pe Om Fentje Kahimpon, kase kuat2 akang padia, masih kasiang berduka blum 40 hari kita pe Tante Eta Pandelaki ada meninggal, karena pikir2 dia pe laki bolak balik di periksa di Polsek Kakas dan Tondano, kong jato sakit dan Tuhan so pangge, kong skarang blum 40 hari kasiang, so dapat cobaan berat di Pengadilan Tondano sebagai terdakwa pembunuh sapi...

Torang takage ini bisa sampai di pengadilan, torang tahu so klar sebab kejadiannya so dari akhir tahun 2020. Kong kage2 tgl 6 Januari 2022, kita pe Om Fentje so sidang melalui vidio dari kampung, yang awalnya mo di beking di rumah hukum tua kayuwatu mar karena nyanda ada signal, di cari tampa yang ada signal di kebong pala.



Kita pe om kasiang nyanda mangarti hukum, dan kita juga nyanda paham proses pemeriksaan sampai kita pe Om Fentje so jadi terdakwa.

Padahal torang semua di desa kayuwatu so tahu apa yang sebenarnya terjadi sampe itu sapi mati. Kita pe Om ada pasang torak/perangkap di tengah kobongnya karena dia pe tanaman dikobongnya sering di rusak oleh sapi yang lepas. Ini so selalu terjadi. Dan ini juga so jadi kebiasaan di kampung, kalau nyanda ada orang yang mengaku siapa pe sapi jaga beking rusak itu tanaman, torang pasang torak mo lindungi mo jaga torang pe tanaman.

Kong ngana Melky Tumengkol, torang 2 kang ba tamang, tega skali ngana beking pa kita pe Om Fentje, ngana lapor pa dia. Torang tahu ngana itu hukum tua pe anak mantu, ngana pe kakak polisi apalagi ngana skarang so kaya. Tapi ngana tega rekeng ngana lapor pa kita pe Om, sedangkan ngana tau torang pe Om pe keadaan ekonomi, so tua masih jaga ba kerja pa orang laeng.

Memang torang nyanda mangarti hukum. Sebenarnya kita yakin ngana so tahu siapa yang salah, siapa yang benar, kita pe Om Fentje atau ngana pe papa Om Yope yang jaga ngana pe sapi. Mar biar jo torang pe keluarga nyanda mo simpan2 dendam pa ngana, sebab torang tahu badendam itu Tuhan marah. Torang doakan trus supaya ngana tambah kaya. Sekarang ngana mo minta ganti rugi 10 juta, ngana tahu persis kita pe om nyanda sanggup. Kita pe Om so takuras banyak jaga pigi2 ke polsek dan wajib lapor di jaksa Tondano. Apalagi ada urus kita pe tante ada masok rumah sakit sampai meninggal, mo beking kubur, blum dia pe syukuran 40 hari.

Mar biar jo Tuhan pasti buka jalan kita pe Om pe cobaan, dan kekuatan dari Surga untuk menjalani ini semua.

Kita pe om juga kang so pernah menawarkan pa ngana itu dia kobong di jalan ke karor supaya selesai, mar ngana cuma bilang nanti diurus di Tondano. Kita pe Om ada kase penyelesaian itu, karena Om Fentje, so nyanda kuat lia pa dia pe istri kita pe tante, setiap dia dipanggil ke polsek kakas atau ke Tondano untuk diperiksa, langsung jaga ta shok...dan selanjutnya kan ngana so tau. Dan ini bukan berarti kita pe om so mengaku salah.

Om Fentje, banyak berdoa jo, sabar dan berserah pada Tuhan. Torang percaya, pak Hakim akan memutuskan seadil adilnya.



Kong Pa Om Noldy Warankiran sebagai torang pe hukum tua, rekeng kase biar pa Om Fentje sebagai warga Om di lapor oleh Om pe anak mantu sendiri. Yang torang tahu Om Fentje sangat setia mengikuti Om Noldy sebagai hukum tua, bahkan pernah menjadi Om Noldy pe Hansip. Sebenarnya Om Noldy so tahu persis siapa yang salah, siap yang benar, kita pe Om Fentje atau Om Yope. Dan sebenarnya juga kalau Om bijaksana, karena ini menyangkut Om pe anak mantu, yang tinggal satu rumah dengan Om Noldy, apa yang menimpa pa kita pe Om Fentje bisa diselesaikan di desa, seperti hukum tua2 dulu ja lakukan.

Apalagi torang so tanya pa Om Fentje apa pernah kase tahu pa Hukum Tua soal tanaman yang di rusak, katanya so pernah dan Om Noldy bilang nanti disampaikan ke Om Yope. Mar nyanda ada pengurusan dan tetap saja kejadian yang sama terjadi, kita pe Om pe tanaman berulang kali dirusak.

Mar biar jo, torang pe keluarga nyanda ada rasa apa2, torang hormati Om sebagai hukum tua, dan torang akan doakan trus pa Om Noldy agar sukses menjalankan tugas dan tambah kaya sebagai hukum tua.

Kong pa Om Yope Tumengkol, torang kase inga kalau jaga kase makan sapi jangan kwa jaga lepas sembarang dan di jaga bae2. Kalau mo lia itu kejadian nanti Om Yope tahu so ka empat hari itu sapi so mati, itu tandanya Om Yope cuma kase biar, nyanda jaga pi lia.

Om Yope inga2 akan kwa itu kebiasaan di kampung, kalau ada orang laeng batanam, ja jaga dan kase ika. Supaya kejadian yang menimpa pa Om Fentje, nyanda terjadi pa saudara laeng.
Kang Om Yope sendiri so tahu kang, so berapa kali itu sapi yang Om Yope ja jaga ada maso dan beking rusak orang laeng pe kobong.?

Beberapa hari sebelum kejadian, kang Om Yope sendiri yang bilang pa Om Fentje, bahwa yang merusak kita pe Om pe kobong bukang Om Yope pe sapi tapi Om Hernes Topa pe sapi. Beberapa hari kemudian setelah sapi itu kena jerat dan mati baru Om Yope mengakui itu sapi sendiri! Ini diceritakan Om Fentje sendiri.

Baca juga:
Medan Gempar! Beredar Video Porno Wanita Diduga Anggota DPRD, Polisi Gerak Cepat Menyelidiki

Kalau so bagini Om Yope mo ganti brapa dang itu tanaman kita pe Om Fentje ada tanam di kobong sendiri?


Kong for Arby Saroisong, hai teman, kalau boleh ngana tare masih muda dan apalagi ngana skarang aparat desa, kita masih percaya ngana akan bersaksi dengan sejujur-jujurnya. Sebab bersaksi dusta itu dilarang Tuhan, melanggar hukum. Kita cuma kase inga sebagai sesama orang Kayuwatu.

Kong pa Om Hernes Topa, bicaralah apa adanya kalau Om Hernes tahu persoalan yang sebenarnya.

Kong torang semua basudara di Kayuwatu, tolong topang akan kasian pa Om Fentje Kahimpon. Paling tidak doa2 akan kasiang, apalagi torang tau semua dia masih dlm keadaan berduka...

Dan for torang pe Bupati, wakil Bupati, Pak Kapolres, Pak Jaksa, Pak Hakim, Pak Kadis Desa, Anggota DPR, Pak Camat Kakas yang ada di Minahasa, lia2 akang kasiang pa kita pe Om Fentje, agar keadilan ditegakkan padanya. Dia kasiang nyanda mangarti hukum, dia hanya menjalankan kebiasaan di kampung.Tuhan memberkati torang semua.

Atas kasus yang menjerat pamannya itu, Berly meminta kepada Bupati, wakil Bupati, Kapolres, Jaksa, Hakim, Kadis Desa, Anggota DPR, Camat Kakas yang ada di Minahasa untuk melihat pamannya, apakah layak dihukum atas kasus sapi yang mati karena perangkap di kebun.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)