Penampakan Buaya 5 Meter di Ladang Pertanian Gegerkan Warga Manggala Makassar

Minggu, 16 Januari 2022 - 18:11 WIB
loading...
Penampakan Buaya 5 Meter di Ladang Pertanian Gegerkan Warga Manggala Makassar
Petugas kepolisian bersama TNI dan pihak BKSDA Sulsel saat meninjau langsung lokasi penampakan buaya sepanjang 5 meter di ladang pertanian warga. Foto: iNewsTV/Yoel Yusvin
A A A
MAKASSAR - Warga Jalan Biola, Blok 10, Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar digegerkan dengan keberadaan buaya sepanjang 5 meter yang muncul secara tiba-tiba di lokasi pertanian milik warga.

Tak hanya itu, hewan ternak warga juga satu persatu dimakan buaya tersebut saat muncul di area persawahan.

Penampakan Buaya 5 Meter di Ladang Pertanian Gegerkan Warga Manggala Makassar



Video amatir warga merekam detik-detik kemunculan se ekor buaya sepanjang 5 meter, yang tiba-tiba muncul di area persawahan milik warga di jalan biola.



Setelah menampakkan diri di tepi persawahan, buaya tersebut kemudian menyelam dan mengarah ke semak-semak, keberadaan reptile berbahaya itu diketahui oleh warga saat hendak mencari mangsa.

Buaya tersebut diduga tersesat setelah terbawah arus banjir mengingat kawasan Blok 10, Perumnas Antang, Manggala itu beberapa waktu lalu dilanda banjir setinggi satu meter lebih. Kawasan ini pun merupakan langganan banjir tiap tahun.


Dari keterangan warga sekitar, sudah satu bulan terakhir buaya tersebut sering muncul bahkan berjemur di pinggir sawah dan sudah banyak hewan ternak warga dimangsa.

“Sudah sering muncul dan memangsa hewan ternak warga, hampir tiap hari muncul panjangnya sekitar 5 meter,” kata salah seorang warga setempat, Dg Liwan.

Warga pun mulai khawatir mengingat di sekitar lokasi banyak anak-anak yang berap bermain. “Warga sudah tahu semua, semoga segera ditangani oleh pihak terkait,” ujarnya.

Tak hanya itu, hewan ternak warga seperti bebek yang sering mencari makan di persawahan nyaris dimakan hewan buas tersebut.



Menanggapi laporan warga, pihak kepolisian bersama unsur BKSDA Provinsi Sulsel dan Tim Animal Rescue Damkar Makassar akan terus memantau pergerakan buaya.

Kapolsek Manggala, Kompol Edhy Supryadi menyebutkan, sesuai dengan laporan warga atas keberadaan buaya yang panjangnya diperkirakan 5 meter, pihaknya akan mengatensi agar tidak ada korban.

“Kami akan atensi dan pantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata kapolsek. Rencananya, dalam waktu dekat petugas juga akan memasang perangkap.

Warga pun dihimbau agar senantiasa berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lokasi persawahan sambil menunggu buaya berhasil ditangkap.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)