Polisi Lakukan Penyelidikan Kebakaran Pasar Bululawang Malang yang Ludeskan 51 Kios

Minggu, 16 Januari 2022 - 14:35 WIB
loading...
Polisi Lakukan Penyelidikan Kebakaran Pasar Bululawang Malang yang Ludeskan 51 Kios
Polres Malang melakukan penyelidikan terbakarnya 51 kios Pasar Bululawang, Minggu (16/1/2022).Foto/Avirista
A A A
MALANG - Polisi selidiki kebakaran yang menghanguskan Pasar Bululawang Kabupaten Malang. Polres Malang langsung menerjunkan tim untuk mengamankan lokasi kejadian dengan memasang garis polisi di Pasar Bululawang yang hangus terbakar.

Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi mengungkapkan, dari hasil keterangan saksi - saksi awal dan identifikasi di lokasi kejadian, kebakaran disebabkan karena adanya percikan api dari ledakan trafo milik PLN.

Baca juga: Pasar Bululawang Ludes Terbakar, Pemkab Malang Siapkan Skenario Relokasi Sementara

"Informasi awal dugaan sumber api diketahui saksi dari salah satu kios ruko bagian luar sebelah selatan yang pada atapnya mengeluarkan percikan api, bersamaan dengan percikan api tersebut, terjadi ledakan trafo PLN di tiang depan yang memicu api lebih membesar mengikuti kabel yang terpasang," ucap Donny Kristian, saat dikonfirmasi pada Minggu (16/1/2022).

Mantan Kasatreskrim Polres Blitar ini mengungkapkan, penyelidikan masih dilakukan dengan memintai keterangan pemilik kios dari titik awal dugaan api muncul. Selain itu kepolisian juga berkoordinasi dengan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur.

"Langkah yang sudah diambil, amankan sekitar lokasi yang terbakar dengan pemasangan police line, selanjutnya diupayakan koordinasi dengan labfor polda untuk pemeriksaan titik awal api dan sebab - sebab kebakaran. Sementara masih dilakukan koordinasi dengan para korban pemilik kios terkait pemeriksaan," bebernya.



Sebelumnya diberitakan, Pada Minggu (16/1/2022) dini hari pukul 00.30 WIB terjadi kebakaran di Pasar Bululawang Kabupaten Malang. Pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang menerima laporan kurang lebih pada pukul 01.00 WIB dan segera melakukan penanganan kebakaran.



Dugaan sementara, kebakaran disebabkan adanya hubungan arus pendek yang memicu terjadinya kebakaran. Puluhan kios yang ada di Pasar Bululawang Malang hangus dan mengalami kerusakan akibat kejadian itu.

Tercatat ada 10 unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk memadamkan api. Enam unit kendaraan pemadam berasal dari PMK Kabupaten Malang, tiga unit berasal dari PMK Kota Malang dan satu unit dari Perusahaan Gula Krebet.

Api akhirnya berhasil dipadamkan kurang lebih pada pukul 06.00 WIB. Berdasarkan laporan pihak pemadam kebakaran, tidak ada korban meninggal dunia akibat kejadian kebakaran yang melanda pasar yang baru direvitalisasi pada 2018 tersebut.

Tercatat ada setidaknya 51 kios lapak pedagang di Pasar Bululawang Malang ludes terbakar. Perkiraan kerugian mencapai lebih dari Rp3 miliar.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1635 seconds (10.55#12.26)