Kawasan Anjungan Sungai Malili Diproyeksi Jadi Lokasi Car Free Day

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:26 WIB
loading...
Kawasan Anjungan Sungai Malili Diproyeksi Jadi Lokasi Car Free Day
Bupati Luwu Timur, Budiman saat meresmikan Anjungan Sungai Malili dan meluncurkan program Lutim Sport Tourism. Foto: Humas Pemkab Luwu Timur
A A A
LUWU TIMUR - Bupati Luwu Timur , Budiman resmikan Anjungan Sungai Malili (ASM), lokasi destinasi wisata baru di Kecamatan Malili, Rabu (12/1/2022). Di saat bersamaan, ia juga melaunching Luwu Timur Sport Tourism (LST).

Anjungan ini dibangun Dinas PUPR Luwu Timur pada tahun 2020 dengan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp15 miliar. Total panjang penataan anjungan mencapai 252 meter.

Baca juga:Bupati Lutim Paparkan Program Prioritas Daerah di Perayaan HUT Desa Taripa

Bupati Luwu Timur berharap Sungai Malili menjadi destinasi wisata bukan hanya buat orang Malili saja, tapi juga orang luar Malili maupun Luwu Timur. Bupati berencana menjadikan kawasan Anjungan Sungai Malili sebagai kawasan car free day.

“Insyaallah, izin Pak Kapolres, semoga omicron tidak masuk ke daerah kita dan tetap level 1 Covid-19, kita bisa car free day di tempat ini setiap hari Sabtu dan Minggu, dan kemudian para penjual juga bisa di sini berjualan, karena roda perekonomian di tengah pandemi ini tetap harus bisa berjalan dengan baik,” harap Budiman.

Baca juga:Budiman Luncurkan Progam Sejuta Buku untuk Luwu Timur

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad menjelaskan, sport tourism merupakan kegiatan yang mengkombinasikan antara wisata dan olahraga dengan tujuan untuk memperlihatkan destinasi wisata daerah.

Menurut dia, berdasarkan fakta di lapangan, sport tourism ini adalah wisata yang cepat berkembang. Oleh karena itu ia optimistis, sport tourism di Luwu Timur ini dapat berkembang.

"Kalau di Jawa Tengah ada Borobudur Maraton, insyaallah atas perkenaan dan doa restu bapak ibu semua, mungkin kita juga bisa nanti melaksanakan, seperti istilah bapak Bupati yakni Batara Guru Run. Karena di Luwu Timur ini ada 3 pantai yang saling terkoneksi, diantaranya Pantai Lemo, Pantai Balo-Balo dan Pantai Ujung Suso. Mungkin suatu saat kita bisa mengadakan semacam lari maraton di situ sehingga potensi wisata kita dapat dilihat orang lain," ungkap Andi Tabacina Akhmad.

Baca juga:Vaksinasi Luwu Timur Sudah Capai Angka 76,39 Persen

Kepala Dinas PUPR Luwu Timur , Sahmuddin berharap, pihak perbankan bisa berkolaborasi dan mengambil bagian dalam menata Anjungan Sungai Malili. Seperti menambah lampu-lampu hias dan menulis nama masing-masing Bank yang terlibat dalam penataan ini.

"Insyaallah tahun ini, kami berencana akan membangun lanjutan tanggul sungai Malili. Hal ini karena kami dari Dinas PUPR hanya ingin memastikan bahwa sebagai salah satu UPT pendukung pencapaian visi-misi pemerintah daerah sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD bahwa menyediakan infrastruktur daerah yang memadai menjadi bagian dari tanggung jawab Dinas PUPR," kata Sahmuddin.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4104 seconds (10.55#12.26)