Gempa M5 Guncang Tibelo Maluku Utara, Rumah dan Tempat Ibadah Rusak

Senin, 10 Januari 2022 - 09:22 WIB
loading...
Gempa M5 Guncang Tibelo Maluku Utara, Rumah dan Tempat Ibadah Rusak
Gempa M5 kembali mengguncang Kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. iNews TV/Ismail
A A A
TERNATE - Gempa M5 kembali mengguncang Kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Pusat gempa berada di 1.52 lintang utara sampai 127.86 bujur timur atau barat daya Halmahera Utara dengan kedalam 10 kilo meter.

"Aktifitas gempa yang terjadi di Kabupaten Halmahera utara belakangan ini karena adanya sesar aktif loka di Halmaher Utara, dengan pergerakan mendatar sehingga dapat dirasakan masyarakat Maluku Utara lainnya," kata Andri Wijaya, petugas BMKG Maluku Utara, Senin (10/01/2022).

Sementara laporan dari Badan Penggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara, terdapat dua rumah dan gereja di Kecamtan Kao Barat dilaporkan mengalami rusak berat dan 3 orang mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan. saat ini BPBD masih melakukan pendataan.

Senin 10 januari 2022, terjadi dua kali gempa bumi pada lokasi yang sama dan dirasakan berkekuatan M 5,2 sebelum disusul gemba M 5,5. Sebelumnya, sabtu 8 januari 2022 lalu Halmahera Utara juga diguncang gempa berkejuatan M 5,1. Baca: Pasukan TNI-Polri Pukul Mundur Massa yang Bentrok di Jayawijaya.

"Gempa bumi M 5.5 tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diminta tidak panik dan tidak termakan isu dan selalu memantau informasi dari pemerintah," pungkas Andri. Baca Juga: Jadi Wisata Religi, Rumah Kiai di Madiun Miliki 5 Tempat Ibadah Agama di Indonesia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9198 seconds (0.1#10.140)