Sesajen di Semeru Ditendang dan Dibuang, Bupati Lumajang Minta Pelakunya Segera Ditangkap

Senin, 10 Januari 2022 - 05:44 WIB
loading...
Sesajen di Semeru Ditendang dan Dibuang, Bupati Lumajang Minta Pelakunya Segera Ditangkap
Video yang merekam seorang pria membuang dan menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, viral di media sosial dan menuai kecaman dari berbagai kalangan. Foto/iNews Tv/Yayan Nugroho
A A A
LUMAJANG - Beredarnya video seorang pria berjenggot mengenakan jubah warna abu-abu, dan rompi hitam dengan logo bendera merah putih, yang dengan kemarahan menendang serta membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, menuai banyak kecaman.



Dari hasil penelusuran, peristiwa dalam video tersebut diduga terjadi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Video berdurasi 20 detik ini, viral di media sosial ini dinilai mencederai kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Lumajang.



Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim mengimbau masyarakat khususnya warga Desa Supiturang, agar tidak terpancing dengan peristiwa tersebut. "Kami sangat menyayangkan peristiwa tersebut, lantaran tindakan tersebut merusak keyakinan umat beragama lain," tegasnya.



Sementara itu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meminta polisi segera menangkap pelaku yang menendang serta membuang sesajen tersebut, karena telah meresahkan masyarakat di Kabupaten Lumajang.

"Sampai sekarang belum ketemu pelakunya. Saya minta segera ditemukan. Saya pastikan ini bukan orang Lumajang. Apapun motifnya, tentunya saya kecewa dengan tindakan itu, karena melanggar tata nilai di masyarakat Lumajang," tegasnya.



Hingga saat ini belum diketahui identitas pria yang ada di dalam video, maupun orang yang merekam video tersebut. Kapolres Lumajang, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti yang dihubungi melalui WhatsApp (WA) mengaku masih melakukan pencarian terhadap pelaku. "Masih diupayakan mencari," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)