Kisah Cinta Putri Ong Tien dengan Sunan Gunung Jati

Rabu, 05 Januari 2022 - 05:26 WIB
loading...
Kisah Cinta Putri Ong Tien dengan Sunan Gunung Jati
Sunan Gunung Jati memiliki istri bernama Ong Tien Nio yang merupakan putri kaisar China di zaman Dinasti Ming. Foto ilustrasi Ong Tien Nio. Foto/Ist
A A A
Sunan Gunung Jati yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat memiliki istri bernama Ong Tien Nio yang merupakan putri kaisar China di zaman Dinasti Ming. Setelah menikah, Ong Tien membantu Sunan Gunung Jati melakukan syiar Islam.

Kisah Cinta Putri Ong Tien dengan Sunan Gunung Jati

Foto/Ist

Syarif Hidayatullah yang dinobatkan menjadi Sunan Gunung Jati merupakan cucu Raja Pajajaran dan seorang penyebar agama Islam di Jawa Barat.



Kisah cinta Syarif Hidayatullah dan putri Ong Tien Nio bermula saat keduanya bertemu di Istana Kaisar China. Saat itu, Syarif Hidayatullah berkunjung ke China atas undangan kaisar dari Dinasti Ming yang berkuasa saat itu. Kunjungan itu berlangsung pada sekitar tahun 1471.

Dikisahkan Syarif Hidayatullah mendapat kesempatan bertemu dengan Kaisar Hong Gie yang merupakan putra mahkota Kaisar Yung Lo.

Nah, saat mengikuti acara di istana itulah Syarif Hidayatullah bertemu dengan putri Ong Tien. Pertemuan ini membekas dan tumbuh benih cinta dalam diri keduanya. Namun sang Kaisar saat itu tidak menyetujuinya.

Hingga akhirnya Syarif Hidayatullah pulang ke Cirebon. Beberapa waktu kemudian, sang putri yang diliputi perasaan cinta menyusul Syarif Hidayatullah ke Tanah Jawa.



Putri Ong Tien tiba di pelabuhan Cirebon setelah menempuh perjalanan laut dari kerajaan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)