Warga Negara Palestina yang Kabur dari Rudenim Belum Berstatus DPO

Selasa, 04 Januari 2022 - 16:10 WIB
loading...
Warga Negara Palestina yang Kabur dari Rudenim Belum Berstatus DPO
Polda Jatim belum menetapkan WN Palestina yang kabur dari Rudenim sebagai DPO.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) hingga kini masih memburu MDH, warga negara asing (WNA) Palestina yang kabur dari Ruang Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan pada Minggu (2/1/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi yang diharapkan bisa menjadi petunjuk ke mana MDH kabur.

Baca juga: Dibawa Kabur Imigran Gelap, Mobil Dinas Rudenim Ditemukan di Masjid

Saksi yang diperiksa itu diantaranya petugas dari Rudenim serta pengurus Masjid Hidayatullah Karang Ketug, Gadingrejo, Pasuruan. Diketahui, mobil yang dibawa kabur MDH ditinggalkan di masjid tersebut. “Sejauh ini kami meyakini dia (MDH) masih berada di wilayah Jatim,” katanya, Selasa (4/1/2022).

Gatot menambahkan, tim gabungan dari Polres Pasuruan dan Polda Jatim sudah turun ke lapangan untuk melakukan pencarian. Sejumlah petunjuk seperti kamera pengintai (CCTV) juga didalami guna mengetahui keberadaan MDH. “Saat ini (MDH) belum berstatus DPO (daftar pencarian orang), karena sifatnya masih dalam penyelidikan, Kami sudah sebar pamflet (berisi identitas MDH) ke sejumlah stasiun dan terminal,” ujarnya.

Baca juga: Gadis Minahasa Jual Diri Lewat MiChat, Pemakai Jasa Dilayani di Hotel

Sebelumnya, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Jaya Saputra menjelaskan kronologis pelarian MDH. Awalnya, petugas hendak melakukan penguncian blok hunian. Sesuai SOP yang ada, petugas mengontrol tiap blok dan petugas berada di lorong blok deteni. “Situasi saat itu kondusif dan aman,” ujarnya.

Namun, beberapa saat kemudian, MDH mengambil jemuran dan tiba-tiba lari keluar blok dan berusaha mengambil motor petugas. Saat perebutan motor, terjadi perkelahian antara deteni MDH dan petugas. “Saat perkelahian terjadi, deteni MDH berhasil lari ke pintu depan,” lanjut Jaya.



Sesaat setelah sampai di bagian depan Rudenim, MDH merusak tempat penyimpanan kunci mobil. Dia lalu mengambil mobil yang ada di garasi. MDH lantas menabrakkan mobil berkali-kali ke pintu pagar. “Saat ini kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian maupun TNI untuk pencarian,” terang Jaya.

Dia juga berharap informasi dari masyarakat jika melihat mobil yang dibawa lari oleh deteni MDH. Yaitu mobil chevrolet jenis Orlando berwarna hitam dengan nomor polisi N 1030 SP (plat merah). “Kami membuka pintu seluas-luasnya jika ada informasi dari masyarakat,” tutupnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)