Setahun Berlalu, Tebing Longsor di Atas Curug Pelangi Tak Juga Diperbaiki

Minggu, 26 Desember 2021 - 00:19 WIB
loading...
Setahun Berlalu, Tebing Longsor di Atas Curug Pelangi Tak Juga Diperbaiki
Longsor yang terjadi di bahu Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tepat di atas Curug Pelangi hingga kini belum juga diperbaiki. (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Longsor yang terjadi di bahu Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tepat di atas Curug Pelangi hingga kini belum juga diperbaiki.

Padaha l lokasi longsor setinggi kurang lebih 50 meter dengan lebar 15 meter itu sudah terjadi setahun lalu atau tepatnya pada Sabtu (26/12/2020). Namun hingga detik ini belum ada tanda-tanda lokasi itu akan diperbaiki.

Pantauan MNC Portal Indonesia di kawasan tersebut hingga kini masih dijaga oleh relawan yang mengatur kendaraan. Ini dikarenakan jalan di kawasan itu yang bisa dipergunalan hanya sati lajur. Sehingga kendaraan harus bergantian untuk melintas.

Namun kondisi itu sangat membahayakan terutama ketika hujan deras turun. Selain khawatir terjadi longsor susulan, antrean kendaraan di lokasi juga kerap manjang. Terutama di saat akhir pekan atau libur panjang karena banyaknya kendaraan wisatawan yang menuju Lembang.

"Jalan di lokasi longsor itu membahayakan, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki," kata pengguna jalan yang setiap hari melintas di jalan tersebut, Resa (33), Sabtu (25/12/2021).

Dirinya khawatir jika tidak segera dilakukan perbaikan ada kemungkinan akan terjadi longsor susulan. Apalagi banyak kendaraan berat yang melintas di jalan alternatif menuju Lembang ini. Kondisi saat ini pun struktur jalan yang dilewati sudah banyak yang mengalami retak-retak. Baca: Terperosok ke Sumur saat Memperbaiki Plafon Rumah, Ketua RT di Sukabumi Tewas.

Sementara itu menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Agus Sumartono, lokasi longsor di kawasan yang berdekatan dengan objek wisata Curug Pelangi itu adalah jalan provinsi. Sehingga kewenangan untuk perbaikannya ada di Pemprov Jabar bukan Pemda KBB.

"Kewenangan perbaikannya ada di Pemprov Jabar, cuma kami kendalanya tidak tahu kenapa penanganannya lambat. Hanya sempat dengar katanya mau dibuatkan jalan pengganti dan harus ada pembebasan," pungkasnya. Baca Juga: Bus Family Raya Tabrak Pikap di Merangin, Bapak dan 2 Anaknya Tewas di Tempat.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)