Warga Binaan Rutan Salatiga Produksi Face Shield

Kamis, 23 April 2020 - 10:08 WIB
loading...
Warga Binaan Rutan Salatiga Produksi Face Shield
Sejumlah narapidana Rutan Kelas II B Kota Salatiga saat memproduksi face shield. Foto/IST
A A A
SALATIGA - Warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Salatiga memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah (face shield). Nantinya, APD tersebut akan disumbangkan ke rumah sakit dan puskesmas untuk dipakai tenaga kesehatan saat melaksanakan tugasnya.

Salah seorang warga binaan yang membuat APD itu, Pramono (39) menuturkan, pembuatan face shield diilhami dari minimnya APD yang dimilik rumah sakit dan puskesmas dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19). Sementara pandemi virus corona tidak diketahui kapan akan berakhir.

"Karena itu, kami tergerak untuk membuat face shield. Dan pembuatan APD ini didukung serta difasilitasi oleh Kepala Rutan Salatiga," katanya, Kamis (23/4/2020).

Menurut dia, produksi APD ini digarap oleh tujuh orang warga binaan termasuk dirinya. Sejak mulai produksi pada pekan lalu, sampai saat ini sudah terkumpul 50 buah face shield. "Kami belajar membuat APD face shield dari melihat gambar yang diberikan pihak rutan. Kemudian setelah melalui beberapa kali percobaan langsung memulai produksi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam membuat face shield dibutuhkan bahan plastik mika berukuran 0,3 milimeter. Kemudian spon untuk membentuk setengah lingkaran dan karet elastis sebagai pengikat saat dikenakan."Untuk membuat satu face shield mulai dari pemotongan sampai dirangkai sesuai bentuknya membutuhkan waktu sekitar 15 menit," katanya.

Kepala Rutan Kelas II B Kota Salatiga Daniel Kristianto mengatakan, selain membuat face shield, sebagian warga binaan lainnya juga memproduksi masker kain dimana sampai saat ini telah terkumpul sebanyak 100 buah.

"Meskipun warga binaan ini dihukum lantaran melakukan tindak pidana kejahatan mereka tetaplah bagian dari warga negara dan tidak ada salahnya muncul ide kreatif sebaiknya didukung. Ini sekaligus bentuk pembinaan, dan secara personal saya mengapresiasi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)