Jatuh ke Jurang Makam Keramat di Ciamis, 2 Pria Ini Selamat Berkat Handphone

Senin, 20 Desember 2021 - 16:32 WIB
loading...
Jatuh ke Jurang Makam Keramat di Ciamis, 2 Pria Ini Selamat Berkat Handphone
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap dua warga yang terjatuh ke jurang makam keramat di kaki Gunung Bitung, Ciamis, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
CIAMIS - Kisah heroik dialami dua warga yang jatuh ke jurang makam keramat di kaki Gunung Bitung, Ciamis, Jawa Barat. Ajaibnya keduanya berhasil diselamatkan setelah menghubungi tim SAR menggunakan handphone yang dibawanya.

Keduanya, Dadang Setiawan (55) warga Cipadung Kidul, Panyileukan, Kota Bandung dan Din Din Wahyudin (48) warga Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Keduanya berhasil selamat setelah dievakuasi tim SAR pada Senin (20/12/2021).



Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Minggu (19/12/2021). Berdasarkan laporan yang diterima kedua korban terperosok pada pukul 22.00 WIB. Saat itu, korban sedang perjalanan menuju puncak Situ Gunung Bitung.

Saat diperjalanan, Dadang dan Din terperosok ke jurang. Seorang korban masih bisa berkomunikasi dengan tim di lapangan via handphone. Sedangkan 1 korban tidak sadarkan diri dan membutuhkan evakuasi.

"Pada pukul 10.30 WIB korban berhasil dievakuasi secara estavet oleh Tim SAR gabungan ke perkampungan warga dalam keadaan selamat," jelas Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah.

Setelah dievakuasi, selanjutnya keduanya dibawa ke Puskesmas Gardu, Kecamatan Panawangan untuk dicek kondisi kesehatannya.



Menurut dia, evakuasi keduanya dilakukan setelah pada pukul 07.10 WIB Kantor SAR Bandung menerima informasi dari BPBD Kabupaten Ciamis terkait dua orang yang terjatuh ke jurang di Gunung Bitung, Situs Madati, Desa Mekar Wangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis pada Minggu (19/12/2021) pukul 22.00 WIB.



Pukul 07.25 WIB Tim Rescue Pos SAR Tasikmalaya diberangkatkan menuju lokasi kejadian. Pukul 09.20 WIB Tim Rescue Pos SAR Tasikmalaya tiba di lokasi kemudian berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan untuk melakukan penjemputan korban dititik penjemputan dengan menggunakan tandu.

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung (Pos SAR Tasikmalaya), Koramil Panawangan, Polsek Panawangan, BPBD Kab Ciamis,Tagana Kab Ciamis, PMI Kab Ciamis, RAPI Kab Ciamis, Puskesmas Panawangan dan warga setempat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)